Sepanjang 402 Kilometer Jalan Tol Baru Difungsikan untuk Mudik

Ruas tol ini terdiri dari tol Trans Jawa sepanjang 337 kilometer (km) dan Trans Sumatera sepanjang 65 km.
Ameidyo Daud Nasution
8 Juni 2017, 16:49
Tol Sumatera
ANTARA FOTO/Irsan Mulyadi
Foto udara pembangunan jalan tol Medan-Binjai, Sumatera Utara, Sabtu (6/5).

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) siap memfungsikan beberapa ruas jalan tol baru sepanjang 402 kilometer untuk bisa dilalui kendaraan pada musim mudik lebaran tahun ini. Ruas jalan tol baru yang difungsikan ini memang belum selesai pengerjaannya, tapi sudah bisa dilalui kendaraan tanpa dikenakan tarif.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan ruas tol ini terdiri dari tol Trans Jawa sepanjang 337 kilometer (km) dan Trans Sumatera sepanjang 65 km. "Diharapkan ini semua bisa kurangi kemacetan," ujarnya saat rapat bersama dengan Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) di Jakarta, Kamis (8/6).

Dia menjelaskan ruas tol Trans Jawa yang akan difungsikan mulai dari Brebes Timur hingga Weleri di Jawa Tengah, sepanjang 110 km. Berfungsinya ruas tol ini diharapkan dapat mengurangi kepadatan kendaraan dan  kemacetan yang biasa terjadi setiap tahunnya di Jalur Pantura. (Baca: Brexit Akan Berlakukan Sistem Satu Arah Saat Mudik Lebaran)

Setelah Weleri, jalan tol ini terputus dan pemudik diarahkan melewati jalan lain. Pemudik bisa melalui tol Trans Jawa yang fungsional mulai dari Semarang (Jawa Tengah) hingga Surabaya (Jawa Timur). Ruas tol tersebut adalah  Semarang - Salatiga, Solo - Ngawi - Kertosono, hingga Kertosono - Surabaya.

Sedangkan ruas Trans Sumatera yang siap difungsikan adalah ruas Palembang - Indralaya seksi I, Bakauheni - Terbanggi Besar segmen Simpang Susun (SS) Kotabaru hingga SS Lematang, Medan - Binjai seksi 2 dan 3, serta tol Medan - Kuala Namu - Tebing Tinggi. (Baca: Menteri PUPR: Infrastruktur Jalan untuk Mudik 2017 Lebih Siap)

Basuki mengatakan saat ini telah disiapkan enam area peristirahatan di sepanjang jalur tol yang fungsional tersebut. Selain itu, dia mengatakan akan ada peningkatan pelayanan parking bay pada ruas tol yang telah ada, terutama di tol Cikampek - Palimanan. Kemudian manajemen dan rekayasa lalu lintas yang akan dilakukan untuk mengatasi kemacetan

Selain kesiapan pada jalan tol, Basuki mengatakan sudah ada 4 flyover yang disiapkan untuk mempercepat perjalanan pemudik. Empat jalan layang di wilayah Jawa Tengah tersebut terletak di Kretek, Dermoleng, Klonengan, serta Kesambi. "Tiga H-10 berfungsi, untuk Kretek H-5 akan beroperasi," kata Basuki.

Di kesempatan yang sama, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan untuk menyambut arus mudik tahun ini, Kementerian Perhubungan menyiapkan beberapa cara seperti meningkatkan armada mudik gratis. Dia mengatakan untuk armada bus telah disiapkan 1.220 bus serta 77 truk yang akan disiapkan.

"Itu untuk menampung 54.920 penumpang dan 3.510 motor," kata Budi. (Baca: Pemudik Pakai Mobil Naik 13,9%, Pintu Tol dan Arteri Terancam Macet)

Video Pilihan

Artikel Terkait