Pemerintah Batal Terapkan Sistem Ganjil-Genap Jalan Tol Saat Mudik

Miftah Ardhian
26 Mei 2017, 18:09
Tol Cipali
ANTARA FOTO/Dedhez Anggara

Pemerintah memastikan akan menunda rencana penerapan sistem ganjil-genap di beberapa ruas jalan tol pada musim mudik lebaran 2017. Waktu sosialisasi untuk pelaksanaan program yang dinilai tidak cukup, menjadi alasan utama pemerintah menunda penerapan rencana ini.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengaku pemerintah telah mengkaji penerapan sistem ganjil-genap untuk mengatasi kemacetan pada musim mudik lebaran tahun ini di beberapa ruas jalan tol. Hasil kajiannya memang menyatakan bahwa sistem tersebut bisa mengurangi kemacetan cukup signifikan. 

Namun, menjelang momen mudik saat ini, pemerintah malah membatalkan rencana tersebut. "Sistem ganjil-genap kami putuskan tidak dilakukan tahun ini," ujar Budi, saat ditemui usai melakukan teleconference dengan seluruh pemangku kepentingan sektor perhubungan seluruh Indonesia, di Kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta, Jumat (26/5).

(Baca: Pemerintah Kaji Ganjil – Genap di Tol Jakarta – Cikampek Saat Mudik)

Keputusan ini diambil berdasarkan saran dari beberapa pemangku kepentingan. Salah satunya adalah Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI). Menurut mereka, waktu sosialisasi yang tersisa kurang dari satu bulan ini tidak akan cukup memberikan pemahaman bagi seluruh masyarakat yang akan melakukan mudik.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...