Sindikasi 16 Bank Siap Biayai Proyek Tol Pemalang-Batang

Ameidyo Daud Nasution
24 Mei 2017, 16:17
Proyek tol
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra
Lokasi proyek pembangunan jalan tol Semarang-Batang di Ngaliyan, Semarang, Jawa Tengah, 8 Februari 2017.

Sebanyak 16 bank menyatakan siap memberikan pinjaman senilai Rp 3,22 triliun untuk pembangunan proyek jalan tol Trans Jawa, ruas Pemalang - Batang. PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk dalam hal ini bertindak sebagai mandated lead arrangers and bookrunners sekaligus menjalankan fungsi keagenan dalam sindikasi bank-bank tersebut.

Pemimpin Unit Bisnis Sindikasi BNI Betty Nurbaiti Alwi mengatakan pembiayaan kredit sindikasi ini merupakan bagian dari minat perbankan dalam membiayai infrastruktur. Dirinya tidak menutup kemungkinan sindikasi bank ini akan membiayai proyek jalan tol lain di masa depan. Adapun pinjaman tersebut memiliki tenor 13,5 tahun dimulai saat perjanjian ditandatangani.

(Baca: Jokowi Minta Menteri Terbuka Masalah Dana Proyek Infrastruktur)

Betty menjelaskan dari 16 bank tersebut, 12 diantaranya merupakan Bank Pembangunan Daerah (BPD) sedangkan sisanya merupakan bank nasional. Beberapa di antara BPD tersebut adalah Bank Jambi, Bank Jateng, hingga Bank Maluku Malut. Sedangkan selain BNI, bank nasional yang berpartisipasi dalam pembiayaan tol tersebut adalah PT Bank Panin Tbk., Bank Artha Graha, serta PT Bank ICBC Indonesia.

"Dari 12 BPD, ada yang merupakan bank syariah," kata Betty dalam sambutannya saat penandatanganan pembiayaan kredit sindikasi proyek tersebut di Jakarta, Rabu (21/5). (Baca: Mudik Lebaran, Tol dari Jakarta Ditargetkan Tembus Hingga Kendal)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...