Gandeng Uni Emirat Arab, PLN Akan Studi Kelayakan Pembangkit Surya

Miftah Ardhian
23 Mei 2017, 18:23
PLN
ARIEF KAMALUDIN | KATADATA

PT PLN (Persero) menyatakan akan segera melakukan studi kelayakan (feasibility study) pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) bersama perusahaan asal Uni Emirat Arab (UEA) Masdar. Perusahaan tersebut telah menyatakan komitmennya untuk berinvestasi dalam pembangunan PLTS di wilayah Jawa Barat.

Direktur Perencanaan Korporat PLN Nicke Widyawati mengatakan Masdar akan bekerja sama dengan anak usaha PLN yakni PT Pembangkitan Jawa Bali (PJB) untuk melakukan studi kelayakan pembangunan PLTS di Cirata, Jawa Barat. Studi dilakukan untuk menentukan besaran nilai investasi yang akan akan dikeluarkan dalam proyek ini.

"Jadi kami memang akan kerja sama untuk bisa bersama-sama melakukan feasibility study. Agar tidak terjadi keluarnya capital expenditure (belanja modal) yang tinggi untuk penyediaan lahan," ujar Nicke saat ditemui di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Jakarta, Selasa (23/5).

Masdar menjadi perusahaan pembangkit listrik swasta (Independent Power Producer/IPP) yang akan menjual listriknya kepada PLN. Saat ini belum ada kesepakatan berapa harga listrik yang akan dibeli PLN dari PLTS yang dibangun Masdar. (Baca: Pemerintah Sulit Hasilkan Listrik Tenaga Surya Berharga Murah)

Menurut Nicke, tidak mudah untuk mencapai harga jual listrik yang sama murahnya dari PLTS yang ada di UEA. Tingkat kepanasan matahari, biaya lahan yang harus dibebaskan, serta suku bunga yang rendah, menjadi faktor murahnya harga jual listrik di UEA.

"Tapi kami juga sudah ada lokasi yang solar radiation-nya (radiasi matahari) tinggi. Jadi itu kami pilih," ujar Nicke. Rencananya PLTS ini akan dibangun terapung di atas waduk yang ada di kawasan Cirata. Adapun harga jual listriknya akan mengikuti Peraturan Menteri ESDM Nomor 12 tahun 2017.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...