Pembiayaan Bank untuk Sektor Perikanan Turun 31,4 Persen

Image title
18 Mei 2017, 18:47
Bongkar muat ikan
Donang Wahyu|KATADATA

Penyaluran kredit perbankan untuk sektor kelautan dan perikanan tahun ini diperkirakan turun 31,4 persen dibandingkan tahun lalu. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengungkapkan total rencana penyaluran kredit perbankan (RBB) 2017 ke subsektor Kelautan dan Perikanan hanya Rp 16,6 triliun. Lebih rendah dari realisasi tahun lalu yang mencapai Rp 24,21 triliun.

Direktur Pengawasan Bank OJK Irnak Fiscallutfi mengatakan penurunan ini disebabkan tingkat kepercayaan perbankan pada sektor kelautan dan perikanan yang masih rendah. Selain itu, banyak perbankan nasional yang masih fokus pada sektor-sektor tertentu sebagai sasaran penyaluran kreditnya.

“Jadi keengganan itu bukan karena dia enggan, memang karena niatnya,” katanya di Menara Kadin, Kamis (18/5). (Baca: Pengusaha Minta Perbankan Lebih Banyak Salurkan Kredit Perikanan)

Melalui Program JARING (Jangkau-Sinergi-Guideline), OJK sudah menawarkan perbankan untuk ikut serta dalam pembiayaan sektor kelautan dan perikanan. Namun, dari total 118 institusi perbankan nasional, hanya 47 bank yang bersedia. Sementara nilai penyalurannya hanya Rp 16,6 triliun dari total rencana kredit sektor kemaritiman tahun ini sebesar Rp 62 triliun.

Meski begitu, Irnak menyatakan OJK akan tetap berupaya agar keikutsertaan perbankan dalam program JARING dan penyaluran kredit ke subsektor kelautan dan perikanan. Salah satunya dengan meningkatkan kualitas pengembalian kredit di industri ini. Upaya tersebut akan dilakukan dengan menggandeng Kamar Dagang dan Industri (Kadin) serta Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...