Jelang Puasa, Mendag Jamin Stok Pangan Aman Sampai Idul Adha

Image title
17 Mei 2017, 15:27
Mendag Enggar
ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita memastikan stok pangan di gudang-gudang milik Perum Bulog saat ini melimpah. Stok bahan pokok ini masih bisa mencukupi kebutuhan nasional hingga Idul Adha, September mendatang. Dengan stok yang aman selama beberapa bulan ke depan, bisa mendukung pemerintah menjaga stabilitas harga pangan.

“Sekarang rata-rata Bulog stoknya lebih dari 8 atau 9 bulan. Jadi kita enggak ada soal dan sampai dengan Juli dan dengan Agustus aman dan sampai Idul Adha lah,” katanya di Gudang Bulog Divre DKI Jakarta, Rabu (17/5). (Baca: Jelang Puasa, Mentan Yakin Tak Ada Kenaikan Harga Pangan)

Dia mengatakan pemerintah terus berkomitmen menjaga stabilitas harga pangan, terutama saat momen puasa dan lebaran. Untuk komoditas yang rentan mengalami goncangan harga (volatile) seperti daging, Kementerian Perdagangan tak segan menerbitkan ijin impor daging beku.

Pemerintah akan mengimpor daging kerbau dari India dengan jumlah yang cukup tanpa ada pembatasan kuota. Sehingga jika harga daging di pasar melonjak, pemerintah bisa lebih mudah mengintervensi dengan menggelontorkan daging impor asal India tersebut.

(Baca: Jaga Harga, Bulog Luncurkan Gerakan Stabilisasi Pangan)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...