Berani Ledakkan Kapal Ilegal, Susi Dapat Penghargaan dari Amerika

Image title
12 Mei 2017, 12:13
Susi Pudjiastuti
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Menteri Susi Pudjiastuti saat menghadiri acara penghargaan Peter Benchley Ocean Awards 2017 di Washington DC, Kamis (11/5/2017)

Menteri Kelautan dan Perikanan Indonesia Susi Pudjiastuti mendapat penganugerahan Peter Benchley Ocean Awards 2017 di Washington DC, Amerika Serikat. Penghargaan ini didapat atas visi dan kebijakan pembangunan ekonomi dan konservasi laut yang dilkukan Susi di Indonesia.

Susi dianggap sukses melindungi kepentingan ekonomi sekaligus lingkungan di Indonesia dengan melakukan berbagai penegakan hukum atas praktik penangkapan ikan ilegal yang dilakukan oleh kapal-kapal asing. “Dia punya keberanian memimpin peledakan dan penenggelaman lebih dari 200 kapal perikanan ilegal,” seperti dikutip dalam siaran pers Peter Bencley Ocean Awards 2017, Kamis (11/5).

Advertisement

Langkah susi mengeluarkan kebijakan pelarangan dan penangkapan terhadap kapal-kapal ilegal ini terbukti mampu mencegah upaya kejahatan terorganisir lainnya. Selain itu, dia juga berperan aktif dalam pembebasan awak kapal perikanan yang diperbudak di banyak kapal-kapal asing, serta memimpin pembebasan hiu dan paus yang dijebak secara ilegal.

Terobosan yang dilakukan Susi berperan penting dalam melindungi ekosistem laut Indonesia yang unik dan terkenal di dunia. “Di sisi lain bisa memberi manfaat ekonomi dengan mempertahankan mata pencaharian puluhan ribu nelayan Indonesia,” katanya. (Baca: Susi dan TNI AL Buru Kapal Asing Pencuri Harta Karun di Anambas)

Simposium ini memang fokus pada upaya global untuk mengakhiri Illegal, Unregulated, and Unreported Fishing (IUUF). Pemberantasan IUUF dianggap penting untuk menjaga keberlangsungan hidup manusia, mencegah kepunahan satwa laut dan habitatnya, serta memerangi kejahatan terorganisir seperti perdagangan dan perbudakan manusia serta penyelundupan narkoba.

Adapun upacara penganugerahan 2017 Peter Benchley Ocean Awards digelar di Smithsonian's National Museum of Natural History, Washington DC pada 11 Mei 2017. Acara ini bertepatan dengan peringatan ulang tahun ke-10 Peter Benchley Ocean Awards. (Baca: Upaya Pemerintah Menghalau Pencoleng Ikan di Bitung)

Selain Susi, ada beberapa tokoh dunia lain yang mendapat penghargaan ini, antara lain, Dr. Halpern dari Universitas California Santa Barbara dan Dr. Sumaila Universitas British Columbia untuk kontribusi ilmiahnya. Kemudian, Senator Amerika Serikat Richard Blumenthal dan Brian Schatz untuk kebijakan pelindungan lingkungannya.

One World One Ocean sebagai media yang berkontribusi pada perlindungan lingkungan. Rhode Island Ocean Special Area Management Planning Team & The Mid-Atlantic and Northeast Regional Planning Bodies untuk praktik solutifnya. Carter dan Olivia Ries sebagai anak muda yang membantu perlindungan spesies langka. Terakhir, Dr. Joshua Reichert and the Oceans Group of the Pew Charitable Trusts dan Robin Alden dari Maine Center for Coastal Fisheries.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement