Pemerintah Siapkan 100 Ribu Hektare Lahan Untuk Jenis Padi Baru

Ameidyo Daud Nasution
10 April 2017, 16:46
sawah
ANTARA FOTO/Abriawan Abhe

Menteri Pertanian Amran Sulaiman menyatakan pemerintah akan menyediakan 100 ribu hektare lahan untuk ditanami varietas padi baru jenis M70D. Bahkan dia menjanjikan lahan tersebut akan tersedia dan digunakan tahun ini.

Amran memerintahkan jajaran kementeriannya untuk mencari lahan tersebut. "Jangan sampai ditawar lagi, sediakan 100 ribu hektar tahun ini," kata Amran saat membuka Rapat Kerja Nasional Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) di Jakarta, Senin (10/4).

Advertisement

Kehadiran Amran membuka rapat asosiasi petani ini menggantikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang berhalangan hadir untuk memberikan pengarahan. Amran berharap penanaman padi jenis ini dapat mempercepat target Jokowi agar Indonesia menjadi lumbung pangan dunia dari sebelumnya 30 tahun menjadi 10 tahun.

"Ini grand design yang akan kami percepat," katanya. (Baca: Pelibatan TNI dalam Gerakan Menanam Padi Menuai Kritik)

Ketua Umum HKTI yang baru saja dilantik Moeldoko mengapresiasi dukungan pemerintah menyediakan lahan 100 ribu hektar untuk ditanami varietas padi M70 D. Jenis padi M70D yang dikembangkan langsung oleh HKTI ini baru saja mendapat sertifikasi oleh Kementerian Pertanian pada bulan lalu.

Moeldoko mengatakan keunggulan utama M70D adalah masa tanam yang relatif lebih pendek ketimbang varietas padi lainnya. Padi jenis ini hanya memerlukan masa tanam sekitar 70 hari, sedangkan padi biasa masih memerlukan 120 hari tanam hingga siap dipanen.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement