Pemerintah Siapkan Wisata Kapal Pesiar Bali-Labuan Bajo

Miftah Ardhian
5 April 2017, 20:04
Kapal Pesiar
ANTARA FOTO | Didik Suhartono

Pemerintah berencana membuka wisata kapal pesiar (cruise) dari Bali ke Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT). Program wisata ini disiapkan, khususnya untuk memanfaatkan momentum pertemuan International Monetary Fund (IMF) dan World Bank (WB) Annual Meeting 2018, yang akan diselenggarakan di Bali.

Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan (Kemenhub) A. Tonny Budiono mengatakan hal ini dibahas dalam rapat koordinasi yang dipimpin Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan. Rapat ini membicarakan teknis persiapan program wisata kapal pesiar tersebut.

Advertisement

"Jadi asalnya dari Bali menuju Labuan Bajo. Bali itu dari Tanjung Benoa. Karena kami memang mau mengembangkan pariwisata," ujar Tonny saat ditemui usai rapat di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Jakarta, Rabu (5/4). (Baca: Pertemuan IMF-World Bank, Pemerintah Sulap Hotel Jadi Kantor)

Namun, ada beberapa kendala yang dihadapi dalam mengimplementasikan rencana ini. Tony menjelaskan kapal pesiar ini masih belum bisa bersandar di Pelabuhan Laabuan Bajo. Pasalnya, pelabuhan tersebut hanya bisa menampung kapal yang besarnya di bawah 110 meter.

Untuk mengatasi hal ini, pemerintah akan mendorong pihak PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) dan PT Pelindo III (Persero) bekerjasama mengembangkan pelabuhan tersebut agar menjadi marina. Pelabuhan marina memiliki dermaga khusus untuk kapal pesiar.

"Sekarang kapal sudah ada lebih dari 10 kapal cruise tetapi tidak bisa bersandar. Jadi, ke daerah wisata masih pakai kapal kecil-kecil itu," ujar Tonny. (Baca: Dukung Pemerintah Genjot Pariwisata, Pelni Siapkan Kapal Pesiar)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement