Jasa Marga: Hanya Sebagian Tol Batang-Semarang Bisa Dipakai Mudik

"Seksi I seksi II itu sudah mantap fungsional. Seksi III dan IV masih kejar-kejaran pembebasan tanah dan fisik (konstruksi)"
Miftah Ardhian
Oleh Miftah Ardhian
4 April 2017, 17:41
Proyek tol
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra
Lokasi proyek pembangunan jalan tol Batang-Semarang di Ngaliyan, Semarang, Jawa Tengah, 8 Februari 2017.

PT Jasa Marga (Persero) Tbk. memastikan ruas tol Batang-Semarang seksi I dan II sudah dapat dioperasikan saat arus mudik lebaran tahun ini. Sedangkan, seksi III, IV, V, masih dalam tahap pembangunan, akibat persoalan pembebasan lahan yang masih belum tuntas.

Direktur Utama Jasa Marga Desi Arryani mengatakan ruas tol Batang-Semarang sepanjang 74,2 kilometer (km) belum bisa dioperasikan sepenuhnya. Dia hanya bisa memastikan seksi I (Batang-Batang Timur) sepanjang 3,5 km dan seksi II (Batang Timur-Weleri) sepanjang 33,84 km, beroperasi menyambut arus mudik lebaran 2017.

"Seksi I seksi II itu sudah mantap fungsional. Seksi III dan IV masih kejar-kejaran pembebasan tanah dan fisik (konstruksi)," ujar Desi saat ditemui di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Jakarta, Selasa (4/4). (Baca: Jokowi Targetkan Tol Batang-Semarang Dilalui Mudik Lebaran 2017)

Meski begitu, Jasa Marga menyatakan akan terus berupaya menyelesaikan pembangunan Seksi III dan IV agar bisa dilalui pemudik pada libur lebaran tahun ini. Salah satu upayanya adalah pihak Jasa Marga telah menandatangani nota kesepahaman untuk memperoleh dana talangan bersama dari Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN)

Penandatanganan dana talangan untuk mempercepat proses pembebasan lahan ini dilakukan tadi pagi di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman. "Untuk keseluruhan dana pembebasan lahan tol Batang-Semarang mungkin sekitar Rp 1,5 triliun ya," ujar Desi.

(Baca: Dikebut, Pemerintah Targetkan Tol Solo-Ngawi Beroperasi Juni 2017)

Tol Batang-Semarang merupakan bagian dalam proyek tol Trans Jawa. Secara keseluruhan, proyek Tol Batang-Semarang ini ditargetkan dapat beroperasi optimal pada 2018. Setelah Seksi I dan II selesai, Jasa Marga mengupayakan penyelesaian tiga seksi lainnya, meliputi seksi III Weleri-Kendal 14,65 km, seksi IV dari Kendal-Kaliwungu sepanjang 12,10 km, dan seksi V Kaliwungu-Krapyak sepanjang 10,05 km.

Apabila telah rampung seluruhnya, proyek tol Batang-Semarang ini akan tersambung dengan jalan tol Pemalang-Batang di sisi Barat dan Semarang-Demak di sisi Timur. Adapun estimasi total biaya yang dibutuhkan untuk membangun proyek tol ini mencapai Rp 6,4 triliun. 

(Baca: Tiga Ruas Tol Trans Sumatera Siap Beroperasi Tahun Ini)

Video Pilihan

Artikel Terkait