Demi Reklamasi, Luhut Minta Disiapkan Pulau Khusus Nelayan

Miftah Ardhian
27 Maret 2017, 18:42
Luhut
Arief Kamaludin | Katadata

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan meminta Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyediakan satu pulau khusus untuk kehidupan nelayan di lahan reklamasi Teluk Jakarta. Upaya ini dinilai bisa menjadi jalan keluar proyek reklamasi, sekaligus memajukan kehidupan nelayan.

Luhut mengatakan pihaknya bersama dengan Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta Sumarsono dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya telah membahas terkait kelanjutan proyek reklamasi teluk Jakarta. Terdapat beberapa hal yang dibahas, tetapi yang menjadi fokus adalah terkait kehidupan nelayan.

Advertisement

"Jadi yang paling penting penempatan nelayan itu sudah dipastikan di satu pulau," ujar Luhut saat ditemui di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Jakarta, Senin (27/3).

Rencananya pemerintah akan menempatkan nelayan tersebut di salah satu pulau paling ujung yang dekat ke laut dan perairan bersih. Dengan begitu, akses menuju ke laut untuk kegiatan penangkapan ikan pun menjadi semakin mudah. Namun, Luhut masih belum menyebutkan secara pasti pulau apa yang akan digunakan dari 17 pulau yang direncanakan terbangun dalam proyek reklamasi ini.

(Baca: Pemerintah Lanjutkan Kajian Proyek Tanggul Laut Raksasa)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement