Produksi Minyak Lapangan Jatibarang Naik 96 Persen

Peningkatan produksi terjadi setelah PT Pertamina EP melakukan reparasi atau kerja ulang pindah lapisan (KUPL) sumur XA 09 di lapangan tersebut
Anggita Rezki Amelia
27 Maret 2017, 16:36
Rig Pertamina
Bernard Chaniago | KATADATA

PT Pertamina EP mencatatkan produksi minyak di Lapangan Jatibarang, Indramayu, Jawa Barat jelang akhir kuartal pertama tahun ini mengalami peningkatan. Peningkatan produksi ini dicapai dari hasil reparasi sumur atau kerja ulang pindah lapisan (KUPL) sumur XA 09 di lapangan tersebut. 

Pelaksana Tugas Harian Presiden Direktur Pertamina EP Nanang Abdul Manaf mengatakan per tanggal 3 Februari lalu, produksi terakhir sumur XA-09 hanya 870 barel per hari (bph). Setelah direparasi, produksi sumur ini meningkat signifikan.

Tercatat per tanggal 22 Maret lalu, produksi XA-09 sudah mencapai 2.011 bph. Kemudian kembali naik,  per hari ini produksinya telah mencapai 2.532 bph. Peningkatan produksinya mencapai 96 persen dibandingkan kondisi pada awal Februari lalu.

(Baca: Pertamina EP Temukan Cadangan Baru Gas di Papua Barat)

“Kami selaku manajemen PT Pertamina EP mengapresiasi apa yang sudah diraih oleh rekan-rekan pekerja di Jatibarang Field, yang mampu mengoptimalkan asset yang ada dan berhasil mendapatkan penambahan produksi minyak,” kata Nanang dalam siaran pers resminya yang diterima Katadata, Senin (27/3).

Field Manager Pertamina EP Herman Rachmadi mengatakan sumur XA-09 merupakan sumur eksisting yang sudah berproduksi. Peningkatan produksi dilakukan dengan reparasi sumur dari Lapisan X-35 dan Lapisan X-32 (bercampur/commingle) ke lapisan X-26 (tunggal/single completion).

Dia menjelaskan Pertamina EP menggunakan metode Electronic Submersible Pump (ESP) agar produksi lapangan tersebut bisa naik dan stabil dengan mengoptimalkan produksi siap jual (lifting). ESP merupakan metode lifting buatan yang efisien dan dapat diandalkan untuk mengangkat moderat untuk volume tinggi cairan dari lubang sumur.

Sebagai informasi, Lapangan Jatibarang termasuk dalam kawasan Asset 3 Pertamina EP yang Berada di Jawa Barat. Pertamina EP memiliki lima Asset yang tersebar di Indonesiam Asset 1 terdiri dari Rantau Field, Pangkalan Susu Field, Lirik Field, Jambi Field, dan Ramba Field.

(Baca: Pertamina EP Siapkan Rp 10 Triliun Cari Tambahan Cadangan Migas)

Asset 2  terdiri dari Prabumulih Field, Pendopo Field, Limau Field dan Adera Field. Asset 3 terdiri dari Subang Field, Jatibarang Field dan Tambun Field. Asset 4 terdiri dari Cepu Field, Poleng Field dan Matindok Field. Asset 5 terdiri dari  Sangatta Field, Bunyu Field, Tanjung Field, Sangasanga Field, Tarakan Field dan Papua Field.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait