Temui Jokowi, Gubernur Papua Dukung Divestasi 51 Persen Saham Freeport

Ameidyo Daud Nasution
22 Maret 2017, 20:42
tambang freeport
www.npr.org
tambang freeport

Gubernur Papua Lukas Enembe datang ke Istana untuk menemui Presiden Joko Widodo (Jokowi). Kedatangannya untuk menyampaikan dan membahas beberapa hal, salah satunya terkait PT Freeport Indonesia.

Kepada Jokowi, Lukas menyatakan dukungan penuh terhadap langkah pemerintah yang mewajibkan Freeport melepas (divestasi) sahamnya hingga 51 persen kepada Indonesia. Bahkan dia juga meminta Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua juga mendapat porsi saham tersebut sebesar 10 persen.

"Ini negeri kita, (harus) diatur kedaulatan negara yang kita jaga. Seluruh potensi ekonomi harus dikuasai negara," ujarnya usai bertemu Jokowi di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (22/3). (Baca: Bupati Mimika: Freeport Harus Hengkang dari Tanah Papua)

Permintaan porsi saham yang diminta Lukas kepada Jokowi ini, berbeda dengan yang disampaikan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan. Menurut Luhut, Pemprov Papua meminta jatah 5 persen dari total rencana divestasi Freeport sebesar 51 persen,

"Yang diminta (Gubernur Papua, Lukas Enembe) tadi adalah 5 persen tersebut," kata Luhut usai bertemu dengan Lukas beberapa waktu lalu. (Baca: Turun Separuh, Pemprov Papua Minta 5 Persen Saham Freeport)

Kepada Luhut, Lukas juga meminta agar pemerintah melibatkan provinsinya dalam proses negosiasi dengan PT Freeport Indonesia. Dia juga meminta aspirasi masyarakat Papua lainnya yang telah disampaikan kepada pemerintah, tetap menjadi perhatian.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...