Susi Libatkan Polri dan Satgas 115 Berantas Kejahatan Perikanan

Image title
16 Maret 2017, 13:28
Susi Perikanan
Arief Kamaludin|KATADATA

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), POLRI, dan Satgas 115 berkerjasama meningkatkan kapasitas aparat penegak hukum di bidang perikanan. Kerja sama ini diwujudkan melalui pelatihan dan pendidikan bersama dalam the International FishFORCE Academy of Indonesia (IFFAI).

IFFAI bertujuan untuk meningkatkan koordinasi dan keterampilan aparat penegakan hukum di bidang perikanan, yang selama ini bekerja secara terpisah. Kerja sama ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas aparat dalam memberantas tindak kejahatan di sektor perikanan.

“Kejahatan terus meningkat tiap tahun. Kita patahkan ini, mereka lakukan yang lain. Mereka selalu selangkah di depan kita. Karena itu IFAAI sangat penting untuk dibangun,” kata Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti dalam peresmian dan pembukaan pelatihan IFFAI, Kamis (16/3). (Baca: Menteri Susi Janji Berantas Pencurian Ikan dalam Dua Tahun)

Susi mengatakan selama lebih dari satu dekade sumber daya perikanan Indonesia berkurang sampai 50 persen. Penyebabnya adalah maraknya aktivitas Illegal Unreported Unregulated Fishing (IUUF). Berdasarkan temuan analisis dan evaluasi (Anev) terdapat 1.132 kapal ikan asing melakukan penangkapan ikan secara illegal dan tindak pidana lainnya seperti penyelundupan barang illegal hingga manusia di perairan Indonesia.

Selama satu dekade tersebut, baik KKP, POLRI, dan TNI AL bekerja sendiri-sendiri untuk menangkal tindak pidana di bidang perikanan. Terbatasnya teknologi pendeteksi, kurangnya alat bukti, dan koordinasi yang tidak terpadu, menambah hambatan dalam penindakan.

Atas dukungan politik Presiden Joko Widodo (Jokowi), saat ini koordinasi antar lembaga mulai dibangun dengan serius saat ini. “Yang paling penting adalah dukungan politik presiden. Beliau memberi saya tugas untuk berkoordinasi dengan semua pihak,” kata Susi. (Baca: Buka World Ocean Summit, Wapres JK Tekankan Penegakan Hukum)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...