Bagikan Lahan, Jokowi Minta BUMN Beri Pendampingan

Ameidyo Daud Nasution
15 Maret 2017, 18:40
Jokowi
Kris | Biro Pers Sekretariat Kepresidenan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Badan Usaha Milik Negara (BUMN) memberikan pendampingan kepada masyarakat yang akan mendapatkan lahan dari pemerintah. Pendampingan ini penting agar masyarakat mengerti bagaimana membuat lahannya menjadi produktif.

Dalam pembukaan Sidang Kabinet Paripurna, Rabu (15/3), Jokowi mengatakan pendampingan ini bisa saja dilakukan beberapa perusahaan plat merah. Dia menyebutkan BUMN yang dianggap mampu seperti PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk ataupun holding PT Perkebunan Nusantara (Persero).

Advertisement

"Kalau ini dilakukan cepat saya pikir masyarakat bisa dapat manfaat baik," kata Jokowi di Istana Negara, Rabu (15/3). (Baca: Jokowi Siap Bagikan 21,7 Juta Hektare Lahan ke Masyarakat)

Menurut Jokowi, skema tersebut dapat dibuat dengan mencontoh lembaga pengembangan lahan di Malaysia yakni Federal Land Development Authority (FELDA). Lembaga ini menjadi semacam 'bapak angkat' bagi masyarakat Malaysia dalam mengelola lahannya.

Presiden yakin dengan adanya pendampingan dari BUMN, program pembagian lahan dari pemerintah bisa lebih produktif. Dengan begitu target pemerintah mengenai pemerataan ekonomi akan tercapai. "Karena yang penting itu pendampingan setelah diberikan (lahan)," ujarnya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement