Arab Saudi Lirik Investasi di 4 Destinasi Wisata Indonesia

Miftah Ardhian
8 Maret 2017, 11:15
Jokowi dan Raja Salman
ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
Presiden Joko Widodo dan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al-Saud (kiri) melambaikan tangan saat kunjungan kenegaraan, di beranda Istana Bogor, Jawa Barat, Rabu (1/3).

Lawatan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud ke Indonesia masih menyisakan harapan akan gelontoran dana untuk investasi di berbagai sektor. Selain berlibur, rombongan Raja Arab ternyata mengincar beberapa destinasi wisata Indonesia untuk investasinya.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan secara informal telah ada perwakilan dari rombongan Raja Salman yang berkunjung ke empat destinasi wisata di Indonesia. Dari kunjungan tersebut, mereka menyatakan komitmennya berinvestasi di sektor pariwisata Indonesia.

Advertisement

Adapun, keempat destinasi wisata ini meliputi, Tanjung Lesung, Mandalika, Belitung, dan Mande di Sumatera Barat. "Mereka akan bangun resort dan hotel. Mereka mau bangun seperti Nusa Dua Bali, kalau mau mudah membayangkan," ujar Arief saat ditemui di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Jakarta, Selasa (7/3).

Menurutnya sejumlah Pangeran Arab Saudi yang tergabung dalam rombongan Raja Salman secara langsung menyampaikan minat investasi ini kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Namun, pemerintah masih perlu melakukan pendekatan kepada keluarga kerajaan Arab agar komitmen investasi ini bisa terealisasi.

Setelah mendapatkan 'lampu hijau' dari keluarga kerjaan, investor yang akan menanamkan modalnya di empat destinasi wisata ini akan melakukan negosiasi secara business to business (B to B) dengan badan usaha Indonesia. Nilai invetasi per satu destinasi wisata diperkirakan US$ 1 miliar atau sekitar Rp 13 triliun. Sehingga, total investasi untuk empat destinasi wisata ini mencapai Rp 40 triliun.

Pemerintah menargetkan investasi Arab Saudi ini bisa mulai direalisasikan tahun ini. Arief mengatakan investasinya dilakukan bertahap di tahun-tahun berikutnya. Namun, ada dua destinasi wisata yang menjadi prioritas dalam rencana investasi ini.

"Kemungkinan Mandalika dan Tanjung Lesung tahun ini. Karena keduanya sudah merupakan kawasan ekonomi khusus (KEK)," ujar Arief. (Baca: Tana Toraja Bakal Jadi Kawasan Wisata Prioritas)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement