Melebihi Malaysia, Kerja Sama Bisnis Indonesia - Arab Saudi Rp 120 T

Ameidyo Daud Nasution
2 Maret 2017, 15:50
Kadin
Arief Kamaludin|KATADATA

Pelaku usaha Indonesia dan Arab Saudi sepakat menandatangani nota kesepahaman (MoU) kerja sama bisnis senilai US$ 9 miliar atau sekitar Rp 120 triliun. Kerja sama bisnis ini dijalin seiring dengan kunjungan Raja Arab Saudi, Raja Salman bin Aldulaziz Al Saud, ke Indonesia. Nilai kerja sama tersebut lebih besar dibandingkan hasil yang diperoleh Malaysia dari lawatan Raja Salman pekan lalu sebesar US$ 7 miliar.  

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Rosan P. Roeslani mengatakan, nilai investasi itu merupakan total dari lima MoU. Beberapa kesepakatan bisnis ini adalah pembangunan rumah murah, pengembangan infrastruktur, serta pariwisata dan turisme.

Salah satu perusahaan yang melakukan penandatanganan MoU ini adalah PT Wijaya Karya (Persero) Tbk. Tapi, dia tidak menyebutkan perusahaan lain Indonesia atau perusahaan Arab yang terlibat dalam lima MoU tersebut.

"Targetnya kurang lebih US$ 9 miliar dan disaksikan beberapa menteri baik dari Indonesia maupun Arab Saudi," kata Rosan di Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (2/3). (Baca: Dana Saudi Rp 13,3 Triliun dalam 11 Kesepakatan Jokowi - Raja Salman)

Rosan mengatakan penandatangan lima MoU ini dilakukan pada Kamis ini. Namun, dia tidak menyebut secara detail lokasinya. Berdasarkan agenda resmi Kadin Indonesia, hari ini akan ada acara Indonesia - Saudi Arabia Business Forum yang dihelat di Hotel Grand Hyatt Jakarta.

Kadin Indonesia berharap kedatangan Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud ke Indonesia dapat mendorong dan menumbuhkan gairah investasi dari pengusaha Arab Saudi di Tanah Air. Pasalnya hingga saat ini realisasi investasi Arab Saudi masih terhitung rendah.

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...