Pertamina Ajak Investor Bangun Tangki Minyak di Kaltim

Miftah Ardhian
28 Februari 2017, 20:22
tangki BBM
Arief Kamaludin|KATADATA

PT Pertamina (Persero) berencana membangun tangki penampungan minyak mentah (crude oil) di Lawe-Lawe, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Untuk proyek ini, Pertamina membuka peluang bagi investor yang mau menanamkan modalnya.

Direktur Megaproyek dan Pengolahan Pertamina Rachmad Hardadi mengatakan proyek tangki yang akan dibangun ini diberi nama Centrilized Crude Terminal (CCT). Tangki berkapasitas 5-10 juta barel ini dibutuhkan untuk membantu operasional kilang milik Pertamina, khususnya di Bontang dan Balikpapan.

Advertisement

Pertamina pun sudah menyiapkan lahan yang akan digunakan untuk proyek CCT ini. “Jadi ada 1.100 hektar tanah milik Pertamina yang bisa digunakan di Lawe-Lawe,” ujarnya saat ditemui di Hotel Grand Hyatt, Jakarta, Selasa (28/2). (Baca: Pemerintah Minta Diskon Harga Minyak Mentah ke Raja Arab)

Rachmad tidak menyebutkan berapa nilai investasi yang dibutuhkan untuk pembangunan tangki tersebut. Dia hanya mengatakan investor bisa mendanai penuh pembangunan proyek CCT ini tanpa ada saham Pertamina di dalamnya. Skema kerjasamanya menggunakan build operation and transfer (BOT), yaitu pihak investor membangun fasilitas tersebut dan Pertamina akan membayar biaya sewa penampungan.

Dengan skema ini investor bisa mengoperasikan tangki selama 15-20 tahun. Setelah itu, fasilitas tersebut harus dikembalikan kepada Pertamina. Dia optimistis jangka waktu ini sangat cukup bagi investor mendapatkan kembali modal yang dikeluarkan beserta keuntungan yang menjanjikan.

“Jadi, Pertamina kalau bisa tidak perlu ada share. Rasanya banyak investor dalam negeri yang (menunjukan) berminat,” kata Hardadi. (Baca: Lebih 50 Investor Lokal dan Asing Berebut Proyek Kilang Bontang)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement