Gandeng Cina, PLTGU Kawasan Industri Bantaeng Segera Dibangun

Ameidyo Daud Nasution
25 Februari 2017, 10:00
Pembangkit Listrik
Arief Kamaludin|KATADATA

Sebuah Pembangkit Listrik Tenaga Gas dan Uap (PLTGU) siap dibangun untuk mendukung Kawasan Industri Bantaeng (KIBA), Sulawesi Selatan. Pembangunan PLTGU tersebut akan dilakukan oleh PT Energi Nusantara Merah Putih bekerjasama dengan perusahaan asal Cina Sinland Development Pte. Ltd.

Presiden Direktur Energi Nusantara Merah Putih Westana Wiraatmadja mengatakan kepastian pembiayaan atau financial closing PLTGU ini akan dilakukan paling cepat akhir tahun ini. Setelah itu, tahapan konstruksi akan segera dilakukan dengan rentang waktu 36 bulan. Sinland Development yang merupakan anak usaha dari China Machinery Engineering Corporation (CMEC) akan membantu dari sisi teknis seperti konstruksi dan kepastian pembeli listrik.

“Akhir 2020 atau paling lama awal 2021 sudah jadi,” kata Westana usai penandatanganan nota kesepahaman dengan Sinland Development di Hotel Shangri-la, Jakarta, Jumat (24/2). (Baca: Swasta Berpeluang Dapat Insentif jika Percepat Proyek Listrik)

Bukan hanya PLTGU, Westana menambahkan pihaknya juga akan membangun fasilitas stasiun penerima gas alam cair untuk mendukung pasokan bahan bakar PLTGU tersebut. Dia mengestimasikan kebutuhan dana investasi untuk membangun dua proyek itu mencapai US$ 980 juta.

“PLTGU dan fasilitas gas akan dibangun anak usaha kami yakni PT Power Merah Putih dan PT Pasifik Agra Energi,” ujar Westana. Dana yang dibutuhkan untuk dua proyek ini sekitar 70 persen akan didapat dari pinjaman dan 30 persen lainnya dari kas perusahaan. Westana mengatakan saat ini pihaknya masih bernegosiasi dengan pihak pemberi pinjaman.

(Baca: Swedia Minati Pembangkit Tenaga Air dan Angin di Indonesia Timur)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...