44 Persen Pengguna Premium Beralih ke Pertalite dan Pertamax

Anggita Rezki Amelia
14 Februari 2017, 13:40
pertalite
Katadata | Arief Kamaludin

PT Pertamina (Persero) mencatat adanya peralihan konsumsi bahan bakar minyak (BBM) dari Premium ke Pertalite dan Pertamax. Sepanjang tahun lalu, 44 persen pengguna Premium beralih menggunakan bahan bakar khusus (BBK) Pertalite dan Pertamax.

Data Pertamina menunjukkan pada tahun lalu penjualan Pertalite dan seri Pertamax telah menggerus pasar Premium. Penjualan Premium tergerus dari yang awalnya rata-rata 80.000 kiloliter (kl) per hari, menjadi hanya 45.000 kl per hari sepanjang 2016.

Vice President Corporate Communication Wianda Pusponegoro mengatakan penurunan ini terjadi secara alamiah, karena adanya pergeseran pola konsumsi bahan bakar di masyarakat konsumen. Hampir semua stasiun pengisian bahan bakar (SPBU) Pertamina terlihat antrean Pertalite dan Pertamax lebih panjang dibandingkan Premium.

(Baca: Libur Akhir Tahun, Kenaikan Konsumsi Pertalite Salip Premium)

Hal ini membuat penjualan Pertalite tahun lalu meningkat sangat signifikan. Pada Januari 2016, produk bensin RON 90 ini masih terjual sekitar 3.583 kl per hari. Volumenya penjualannya terus meningkat hingga pada akhir tahun lalu mencapai sekitar 33.184 kl per hari.

“Sepanjang tahun lalu total volume penjualan Pertalite mencapai 5,8 juta kl. Hingga saat ini penjualan Pertalite terbukti terus mengalami tren peningkatan,” ujar Wianda di Jakarta, Senin (13/2). Sementara pada 2015 penjualannya tercatat 2 juta kl.

Pada awal 2016, Premium menguasai 86,8 persen total penjualan BBM bensin Pertamina. Kemudian menurun hingga 53 persen pada akhir tahun. Sementara porsi penjualan Pertamax yang awalnya hanya  8,4 persen, naik menjadi 20 persen.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...