Pertamina Tawari 37 Perusahaan Global Garap Kilang Bontang

Anggita Rezki Amelia
13 Februari 2017, 18:30
Kilang Minyak
KATADATA
Kilang Minyak

PT Pertamina (Persero) menyatakan telah mengundang 37 perusahaan global untuk ditawarkan kerja sama pembangunan proyek kilang minyak di Bontang, Kalimantan Timur. Rencananya akhir bulan ini Pertamina akan membuka lelang proyek kilang tersebut.

Vice President Corporate Communication Pertamina Wianda Pusponegoro mengatakan mayoritas perusahaan kilang tersebut adalah pemain internasional yang sudah berpengalaman membangun dan mengoperasikan kilang minyak di berbagai negara. Namun, dia tidak menyebutkan secara rinci siapa saja perusahaan yang diundang.

“Kayak Rosneft itu kilangnya di seluruh dunia ada, jadi pemain seperti itu karakteristiknya (yang dicari Pertamina),” kata Wianda saat media briefing di Jakarta, Senin (13/2). (Baca: Dapat Penugasan, Pertamina Kebut Bangun Kilang Bontang)

Wianda mengatakan Pertamina akan menyeleksi calon mitranya dalam menggarap Kilang Bontang, sesuai prosedur yang berlaku. Saat ini, tim di internal Pertamina tengah mematangkan konsep seleksi, termasuk menentukan jumlah hak kelola antara Pertamina dan mitranya.

Pertamina menginginkan bisa mendapat porsi mayoritas di Kilang Bontang, sama seperti yang didapat pada proyek Kilang Tuban. “Bontang agak susah juga kalau tidak mayoritas dan tidak fokus, karena proyek besar,” kata dia. (Baca: Dana Terbatas, Pertamina Hanya Bisa Danai 20 Persen Kilang Bontang)

Sebelumnya, Direktur Megaproyek Pengolahan dan Petrokimia Pertamina Rachmad Hardadi mengungkapkan kesulitannya memiliki porsi mayoritas di kilang tersebut. Kebutuhan investasi untuk Kilang Bontang mencapai US$ 8 miliar atau sekitar Rp 106 triliun.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...