Pertamina Akan Gandeng Investor Lain Kelola Blok Sanga-Sanga

Anggita Rezki Amelia
8 Februari 2017, 13:54
Pertamina
Arief Kamaludin|KATADATA

PT Pertamina (persero) resmi menjadi pengelola baru Blok Sanga-Sanga di Kalimantan Timur mulai Agustus 2018. Rencananya Pertamina akan menggandeng investor lain dalam mengelola blok migas tersebut.

Direktur Hulu Pertamina Syamsu Alam mengatakan pihaknya membutuhkan mitra untuk mengelola Blok Sanga-Sanga. Selain menggandeng kontraktor lama di blok tersebut, Pertamina juga membuka peluang investor lain untuk berpartisipasi.

Advertisement

"Kami terbuka saja, terutama untuk mitra eksisiting. Tapi untuk investor lain juga kami terbuka, kalau mau berteman kan boleh sama siapa saja," ujar Syamsu di Jakarta, Selasa (7/2). calon mitra Pertamina yang tertarik, harus membeli hak kelola tersebut dengan perhitungan bisnis yang wajar (business to business/B to B).

Meski menyatakan akan mengandeng mitra, Syamsu belum bisa menyebutkan berapa besar porsi hak kelola Blok Sanga-Sanga yang akan dilepas Pertamina kepada perusahaan lain. Pertamina akan tetap menjadi pemegang hak kelola mayoritas, yakni di atas 50 persen.

Besaran porsi hak kelola yang akan dilepas juga memperhitungkan jatah participating interest (PI) pemerintah daerah sebesar 10 persen, sesuai Peraturan Menteri ESDM Nomor 37 tahun 2016. (Baca: Masuk Blok Sanga-sanga, Kontraktor Lama Wajib Bayar ke Pertamina)

Menurutnya hingga hingga saat ini belum ada kontraktor lama Blok Sanga Sanga yang mengajukan minat menjadi mitra Pertamina. Sebagai gambaran, Blok Sanga-Sanga saat ini dioperasikan oleh VICO Indonesia. Virginia Indonesia Co memiliki hak pengelolaan 7,5 persen. Sedangkan Saka Energi baru saja memiliki 26,25 persen hak kelola yang diperolehnya dari BP. Adapun, ENI mengempit 26,25 persen, CPC 20 persen, dan Universe Gas & Oil sebesar 4,37 persen.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement