Sudirman Said Soroti Kepentingan di Balik Pencopotan Dirut Pertamina

Safrezi Fitra
3 Februari 2017, 12:47
Sudirman Rini Dwi
Katadata | Arief Kamaludin
Sudirman Said saat masih menjabat Menteri ESDM, bersama Menteri BUMN Rini Soemarno dan Dirut Pertamina Dwi Soetjipto di Gedung Kementerian BUMN, Jakarta, 8 Desember 2015.

Mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Sudirman Said menanggapi perombakan jajaran direksi PT Pertamina (Persero). Sebagai Badan Usaha Negara (BUMN) terbesar Indonesia, Pertamina cukup rentan dengan berbagai kepentingan.

"Pergantian kepemimpinan yang tidak berpola, baik periode maupun tata cara penunjukannya, menunjukan governance yang rentan diwarnai kepentingan jangka pendek," Sudirman dalam keterangannya yang diterima Katadata, Jumat (3/1).(Baca: Buntut 'Matahari Kembar', Dirut dan Wakil Dirut Pertamina Dicopot)

Advertisement

Menurutnya, Pertamina merupakan perusahaan terbesar yang dimiliki Indonesia. Perombakan manajemen perusahaan ini akan sangat besar pengaruhnya baik dari sisi bisnis, maupun perannya di sektor energi nasional. "Kalau kita tidak mampu keluar dari praktik masa lalu, yang selalu mengedepankan kepentingan jangka pendek dan politisasi, kita kehilangan kesempatan besar," ujarnya.

Sudirman berharap pengganti Dwi Soetjipto yang akan ditunjuk pemerintah adalah sosok pemimpin yang kredibel. Calon Dirut Pertamina tidak hanya harus jujur, tapi cukup berkompeten di bidangnya. (Baca: Rini Copot Dirut dan Wakil Dirut Pertamina Karena Tak Solid)

Seperti diketahui, Menteri BUMN Rini Soemarno mencopot Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Dwi Soetjipto. Sebagai gantinya, Rini menunjuk Direktur Gas dan Energi Baru Terbarukan (EBT) Pertamina Yenni Andayani menjadi pelaksana tugas (Plt) direktur utama di perusahaan pelat merah tersebut.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement