Kementerian Energi Akan Lelang 9 Blok Migas Tahun Ini

Anggita Rezki Amelia
18 Januari 2017, 15:37
Migas
Dok. Chevron

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyatakan akan melelang sembilan blok migas konvensional tahun ini. Selain blok migas yang belum laku pada lelang sebelumnya, ada juga blok migas baru yang akan ditawarkan. Saat ini kementerian masih mempersiapkan blok migas yang akan dilelang tersebut.

"Itu target sesuai rencana strategis ada sembilan, tapi kenyataannya nanti berapa yang akan dilelang tergantung persiapan," kata Direktur Pembinaan Hulu Migas Kementerian ESDM Tunggal kepada Katadata di Kementerian ESDM, Rabu (18/1).

Tunggal masih enggan menyebutkan apa saja blok migas yang akan dilelang tahun ini. Dia hanya mengatakan dari sembilan blok migas konvensional tersebut sebagian besar berlokasi di wilayah Timur Indonesia.

Menurutnya masih banyak potensi migas di wilayah timur yang belum dibuktikan cadangannya. Kementerian sedang mendorong perusahaan-perusahaan migas untuk mau berinvestasi menggarap ladang-ladang migas di wilayah tersebut.

Sementara untuk pelelangan blok migas nonkonvensional, Tunggal belum bisa memastikan apakah ada yang bisa dilelang tahun ini. Pihaknya masih melakukan kajian dengan melibatkan instansi terkait seperti Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian ESDM serta Badan Geologi Kementerian ESDM.

Kajian ini bertujuan agar persiapan lelang blok nonkonvesional bisa lebih matang. "Kami masih terus rapat," kata dia. (Baca: Kementerian Energi: Baru 1 Blok Migas Laku dalam Lelang 2016)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...