2017, PUPR Akan Tambah 392 Kilometer Jalan Tol Baru

Penambahan tol baru yang beroperasi sepanjang tahun lalu hanya 44 kilometer.
Ameidyo Daud Nasution
9 Januari 2017, 16:40
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono
Arief Kamaludin | Katadata

Pemerintah berupaya untuk terus menambah infratsruktur jalan tol baru. Tahun ini Kementerian Pekerjaaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan sepanjang 392 kilometer (km) akan beroperasi pada tahun ini. Target ini cukup ambisius, karena sepanjang 2016 saja penambahan ruas tol baru hanya 44 km.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan apabila target 392 km dapat tercapai tahun ini, maka secara total jumlah panjang tol baru yang dioperasikan Pemerintahan Jokowi-JK hingga 2017 mencapai 567,9 km. "Proyeksi, tapi kami targetkan capaiannya seperti itu," kata Basuki dalam keterangan resminya, Senin (9/1).

(Baca: Dua Tahun, Proyek Tol yang Rampung Baru 17 Persen dari Target)

Dia sangat berharap target tahun ini bisa tercapai. Karena dengan begitu, sasaran pemerintah membangun 1.000 km  jalan tol hingga 2019, kemungkinan bisa terlampaui. Basuki juga optimistis total panjang tol baru yang beroperasi pada 2018 bisa mencapai 1.182,7 km dan tahun berikutnya 1.851,7 km.

Advertisement

Basuki menjelaskan beberapa ruas tol yang ditargetkan bisa rampung tahun ini diantaranya Semarang-Solo seksi 3 (Bawen - Salatiga) dengan panjang 17,6 km dan Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu seksi 1 (Pangkalan Jati-Jaka Sampurna) sepanjang 8,2 km. Kemudian Tol Trans Jawa yakni Sragen-Mantingan sepanjang 21,3 km dan Mantingan-Ngawi sepanjang 34,2 km.

"Ada juga ruas Kartasura-Karanganyar sepanjang 20,9 km yang dibangun dengan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN)," kata Basuki. (Baca: PUPR Targetkan Tiga Ruas Tol Trans Jawa Beroperasi 2017)

 

Adapun untuk ruas tol Trans Sumatera, Basuki menargetkan ruas Medan-Binjai yakni seksi 2 dan 3 dengan total panjang 10,4 km akan selesai tahun ini. Ruas tol lain di Sumatera Utara yang ditargetkan kelar dan beroperasi tahun ini adalah Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi sepanjang 61,7 km.

Untuk di Sumatera Selatan, Kementerian PUPR menargetkan ruas tol Palembang-Indralaya juga akan selesai pembangunannya dan mulai dioperasikan tahun ini. Terutama untuk seksi 1 (Palembang-Pamulutan) dan seksi 3 (KTM-Simpang) dengan total panjang 17 km.

(Baca: 70 Kilometer Tol Trans Sumatera Ditargetkan Beroperasi 2017)

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait