Dukung Pemerintah Genjot Pariwisata, Pelni Siapkan Kapal Pesiar

Miftah Ardhian
4 Januari 2017, 17:08
Tol Laut
Arief Kamaludin|KATADATA
Kapal tol laut ini merupakan Kapal Caraka Jaya Niaga III-4 milik PT Pelni, yang melayani jalur Jakarta-Kepulauan Natuna dan beroperasi secara berjadwal.

PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) menyatakan akan mendukung upaya pemerintah meningkatkan sektor pariwisata nasional. Melalui sinergi beberapa perusahaan pelat merah, Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) akan menyediakan kapal pesiar (cruise) yang berlayar di beberapa titik kawasan wisata prioritas.

"Kami sinergi dengan BUMN perhotelan, seperti holding Hotel Indonesia untuk peningkatan pariwisata juga," kata Direktur Utama Pelni Elfien Guntoro saat konferensi pers di kantornya, Jakarta, Rabu (4/12). (Baca: Jokowi Ancam Copot Arief Yahya Jika Turis Asing Tak Sampai 20 Juta)

Saat ini pembicaraan mengenai sinergi usaha dengan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) terkait ini masih dilakukan. Rencananya Pelni akan menyediakan unit kapal dan perjalannya. Sedangkan untuk pengelolaan layanan kapal pesiar tersebut dilakukan oleh Hotel Indonesia sebagai operator.

Saat ini dia belum bisa memastikan berapa besar investasi yang dibutuhkan untuk bisnis ini. Namun, diperkirakan nilainya untuk penyediaan kapalnya mencapai Rp 250 miliar. Dia pun belum bisa memastikan apakah biaya ini akan ditanggung sendiri oleh Pelni, atau bersama dengan BUMN terkait lainnya.

"Tidak tutup kemungkinan ke depan Pelni akan bentuk perusahaan sendiri atau melakukan joint venture (JV)," ujarnya. (Baca: Rekor Baru, Kunjungan Wisatawan Asing Juli 2016 Tembus 1 Juta)

Rencananya, kapal cruise ini akan difokuskan pada 10 titik prioritas pariwisata Indonesia yang memungkinkan untuk beroperasi. Seperti diketahui, pemerintah telah menetapkan 10 titik lokasi pariwisata prioritas. Lokasi-lokasi tersebut meliputi, Mandalika, Labuan Bajo, Pulau Morotai, Pulau Kelayang, Danau Toba, Wakatobi, Gunung Bromo, Candi Borobudur, Pantai Tanjung Lesung, dan Kepulauan Seribu.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...