PT DI Tutup Tahun Ini dengan Ekspor Pesawat ke 10 Negara

Image title
28 Desember 2016, 12:05
Dirgantara Indonesia (PT DI)
Katadata | Arief Kamaludin

PT Dirgantara Indonesia (Persero) baru saja menutup tahun 2016 dengan mengekspor pesawat terbang CN235-220M Multipurpose Aircraft (MPA) ke Senegal. Selain Senegal, pesawat jenis ini menjadi produk andalan untuk diekspor ke sembilan negara lainnya.

 “Momen ini adalah bukti pengakuan dunia terhadap kualitas produk pesawat terbang buatan industri dalam negeri sekaligus menjadi kebangkitan industri kedirgantaraan Indonesia,” kata Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto dalam keterangannya saat penyerahan kontrak pembelian pesawat terbang CN235-220M MPA oleh Angkatan Udara Republik Senegal dan ferry flight pesawat ini di pabrik PT Dirgantara Indonesia (PT DI), Bandung, Jawa Barat, Selasa (27/12).

Direktur Utama PT DI Budi Santoso mengatakan hingga saat ini pesawat terbang CN235 telah diproduksi sebanyak 62 unit untuk kebutuhan pasar dalam dan luar negeri. Sebanyak 35 unit diantaranya telah diekspor ke 10 negara, yakni Venezuela, Senegal, Burkina Faso, Uni Emirat Arab, Pakistan, Turki, Malaysia, Korea Selatan, Thailand dan Brunei Darussalam.

(Baca: Kemenperin Usulkan Pengembangan Pesawat Masuk Proyek Strategis)

Sedangkan di dalam negeri pesawat ini digunakan oleh Tentara Nasional Indonesi (TNI) Angkatan Udara (AU) dan TNI Angkatan Laut (AL), serta PT Merpati Nusantara Airlines (Persero). "Pesawat terbang CN235-220M MPA ini adalah bukti kemampuan bangsa Indonesia dalam menguasai teknologi tinggi,” ujarnya.

Menurut Airlangga, pertumbuhan angkutan udara di Indonesia termasuk yang tertinggi di dunia, mencapai 17 persen per tahun. Jauh dibandingkan rata-rata pertumbuhan angkutan penerbangan dunia yang hanya sekitar 5,5 persen. “Sebagai negara maritim, membuat peranan transportasi udara sangat vital sebagai bagian dari sistem transportasi nasional,” katanya.

Tingginya kebutuhan angkutan udara ini seharusnya dapat dimanfaatkan. Dia yakin industri penerbangan  dalam negeri mampu memenuhi kebutuhan angkutan udara dalam negeri dan membangun kemandirian teknologi industri pesawat terbang nasional.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...