Jokowi Perintahkan Rehabilitasi dan Rekonstruksi Aceh Secepatnya

Safrezi Fitra
16 Desember 2016, 19:23
Jokowi
Laily Rachev | Biro Pers Sekretariat Presiden
Presiden Jokowi pimpin rapat terbatas penanganan gempa Aceh di Kantor Presiden, Jakarta, Jumat (16/12)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan untuk segera melakukan rehabilitasi dan rekonstruksi Aceh secepatnya. Sehari setelah meninjau lokasi gempa Aceh, dia langsung mengumpulkan jajaran kabinetnya untuk rapat terbatas (ratas) penanganan gempa Aceh di Kantor Presiden, Jakarta, Jumat (16/12).

“Saya ingin agar semuanya bisa dikerjakan secepat-cepatnya terkait dengan penanganan pascabencana agar proses rehabilitasi dan rekonstruksi secepat-cepatnya dimulai,” kata Jokowi dalam rapat tersebut.

Advertisement

Terkait rehabilitasi dan rekonstruksi ini Jokowi meminta perhitungan yang cermat, akurasi data, dan identifikasi kebutuhan pascagempa. Termasuk detail lokasi yang terkena dampak gempa tersebut. (Baca: Pemerintah akan Bangun Fasilitas Tahan Gempa di Aceh)

Dia pun meminta Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Willem Rampangilei menyampaikan laporan dan langkah-langkah konsolidasi dan koordinasi. Terutama dalam soal jumlah dan kaitannya dengan lokasi serta jenis kebutuhan yang diperlukan.

Tahap rehabilitasi dan rekonstruksi akan segera dimulai setelah berakhirnya masa tanggap darurat. Tentara Nasional Indonesia (TNI) akan dilibatkan secara aktif pada tahap konstruksi pada daerah yang rusak berat, sedang, maupun ringan.

Gubernur Aceh telah menetapkan status tanggap darurat bencana selama 14 hari (7-20 Desember 2016) melalui surat Nomor 39/PER/2016. Masa tanggap darurat ini berlaku untuk tiga kabupaten yaitu Kabupaten Pidie Jaya, Pidie dan Bireuen. Penetapan tanggap darurat diperlukan untuk memudahkan penanganan darurat dan kemudahan akses.

(Baca: 102 Meninggal akibat Gempa, Aceh Berstatus Tanggap Darurat Bencana)

Presiden Jokowi telah dua kali mengunjungi daerah yang terkena dampak gempa di Provinsi Aceh, yakni di Pidie Jaya, Bireuen, dan Pidie. Dalam kunjungannya yang kedua kemarin (15/12), dia ingin memastikan bahwa rakyat yang menjadi korban bencana mendapat bantuan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement