Jokowi Ancam Copot Arief Yahya Jika Turis Asing Tak Sampai 20 Juta

Ameidyo Daud Nasution
1 Desember 2016, 15:17
Pantai wisata
Agung Samosir (Katadata)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menargetkan sektor pariwisata bisa menarik 20 juta kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke dalam negeri pada 2019. Bahkan dia mempertaruhkan kursi Menteri Pariwisata Arief Yahya apabila target tersebut tidak tercapai.

"Kalau tidak ketemu 20 juta, ya dicopot (menterinya)," kata Jokowi saat memberikan sambutan dalam pembukaan pembukaan Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia 2016, di Hotel Borobudur, Jakarta, Kamis (1/12).

Menurutnya jumlah kunjungan wisatawan asing yang datang ke Indonesia masih lebih rendah dibandingkan negara tetangga. Tahun lalu jumlah kunjungan wisman ke Indonesia hanya 9 juta kunjungan. Pada tahun yang sama, Thailand bisa mendatangakan 29,8 juta, sedangkan jumlah wisman yang datang ke Malaysia mencapai 24 juta kunjungan.

(Baca: Indonesia Berebut Turis Cina dengan Dua Negara ASEAN)

Dia melihat sebenarnya potensi kunjungan wisatawan asing ke Indonesia sangat besar. Objek wisata yang ditawarkan di dalam negeri pun tidak kalah dengan negara lain. "Makanya saya targetkan (jumlah kunjungan wisman naik) dua kali lipat," ujarnya.

Untuk mewujudkan target tersebut, saat ini pemerintah sedang fokus membangun 10 kawasan pariwisata yang tersebar mulai dari Danau Toba hingga Labuan Bajo. Jokowi mengatakan respons swasta cukup besar, banyak investor yang datang ke pemerintah menanyakan pariwisata, khususnya yang terkait properti.

(Lihat pula: Pemerintah Perbaiki Infrastruktur di 10 Kawasan Pariwisata)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...