Jokowi: Pengusaha Waralaba Bisa Lebih Kaya dari Saya

Ameidyo Daud Nasution
25 November 2016, 15:25
Jokowi
Intan | Biro Pers Sekretariat Kepresidenan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bisnis waralaba (franchise) sangat cocok dengan masyarakat Indonesia. Model bisnis ini memiliki potensi pertumbuhan dan mampu berkontribusi besar pada perekonomian Indonesia.

Menurutnya bisnis waralaba bisa mendatangkan keuntungan yang sangat besar bagi pelakunya, jika bisa dikelola dengan baik. Pernyataan ini diungkapkan Jokowi saat berbincang dengan salah satu pelaku usaha waralaba, pemilik Coffee Toffee Odi Anindito, dalam acara Indonesia Franchise and SME Expo 2016.

Jokowi menanyakan Odi berapa banyak gerai yang dimiliki Coffee Toffee. Odi menjawab bahwa saat ini waralaba kopi tersebut memiliki 160 gerai. Sejenak Jokowi berdiam sambil menghitung. “Dengan 160 gerai saya pikir dia (Odi) lebih kaya dari saya," kata Jokowi pada acara tersebut di Jakarta Convention Center, Jumat (25/11).

Jokowi lalu menyebutkan beberapa waralaba lain yang tergolong besar, seperti Es Teler 77 yang memiliki 180 gerai dan kebab Baba Rafi yang memiliki 1.200 outlet. Dengan fakta ini, dia yakin bisnis waralaba akan terus berkembang di Indonesia.

Presiden pun mendorong agar pengusaha waralaba tidak hanya bermain di dalam negeri. Sudah saatnya mulai berpikir untuk ekspansi ke luar negeri. "Jangan lupa serang ke luar (negeri) juga, tahun depan akan saya tanya sudah berapa gerai di luar," katanya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...