Anggaran Negara Tak Cukup untuk Pengendalian Banjir

Ameidyo Daud Nasution
4 November 2016, 15:12
Banjir jakarta
Agung Samosir|KATADATA

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyatakan jumlah anggaran saat ini belum mencukupi untuk mengendalikan banjir. Anggarannya belum bisa menjangkau semua wilayah banjir dan perbaikan daerah aliran sungai yang terbilang strategis.

Saat ini anggaran pengendalian banjir, lahar dan pengamanan pantai tersedia di Direktorat Jenderal Sumber Daya Air (SDA) mencapai Rp 5,5 triliun. Sedangkan anggaran penanganan banjir, lahar, serta pengamanan pantai pada tahun depan mencapai Rp 6,5 triliun.

Advertisement

Direktur Jenderal SDA Imam Santoso menjelaskan anggaran yang diperlukan paling tidak dua kali dari anggaran tahun ini untuk mengatasi banjir. "Paling tidak double kalau kita bicara kebutuhan," katanya dalam konferensi pers di kantornya, Jakarta, Jumat (4/11).

(Baca: Jakarta Terancam Tenggelam 34 Tahun Lagi)

Menurut Imam, anggaran yang tersedia tahun ini hanya cukup untuk pengerjaan proyek pengendalian banjir sepanjang 148 kilometer bibir sungai. Sementara anggaran yang telah ditetapkan tahun depan, hanya mampu membenahi 154 kilometer.

Data Kementerian PUPR mencatat panjang bibir sungai seluruh Indonesia mencapai 24.000 kilometer. Sedangkan panjang bibir sungai yang diprioritaskan untuk dibuat tanggul adalah 3.600 kilometer. Dari panjang tanggul prioritas ini, hanya 50 persen yang bisa dibilang aman.

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement