PLN Akan Tunda Proyek Kabel Laut Jawa-Sumatera

Anggita Rezki Amelia
31 Oktober 2016, 15:14
Pembangkit Listrik
Arief Kamaludin|KATADATA

PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) akan meninjau ulang pembangunan proyek transmisi arus searah tegangan tinggi (HVDC) Sumatera-Jawa 500 kilovolt (kV). Ada kemungkinan pelaksanaan proyek ini ditunda.

Perusahaan Listrik Negara (PLN) berencana merevisi proyek ini dalam Rencana Usaha Penyediaan Tenaga Listrik (RUPTL) periode 2016-2025. Sekadar informasi, proyek ini sempat menjadi perhatian Sudirman Said saat menjadi menjabat Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) beberapa waktu lalu.

Direktur Utama Perusahaan Listrik Negara (PLN) Sofyan Basir mengatakan untuk sementara proyek ini akan dihapus dalam RUPTL. Namun, perencanaan proyek ini akan kembali diatur ulang dalam rencana listrik periode selanjutnya. "Iya dong (dihapus) ini masalah timing-nya saja," kata dia di Kantor Pusat PLN Jakarta, Senin (31/10).

(Baca: Sudirman Said: Menteri Jepang Pertanyakan Proyek Masela dan HVDC)

Direktur Perencanaan Korporat PLN Nicke Widyawati mengatakan ada beberapa faktor yang membuat rencana proyek HVDC Jawa-Sumatera 500 kV belum bisa dilakukan saat ini. Salah satunya, prioritas PLN saat ini yang sedang memfokuskan pembangunan pembangkit listrik dalam program 35 gigawatt.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...