Rekor Baru, Kunjungan Wisatawan Asing Juli 2016 Tembus 1 Juta

Miftah Ardhian
1 September 2016, 16:30
BPS_Suryamin.jpg
KATADATA | Arief Kamaludin

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat rekor baru dalam sepanjang sejarah sektor pariwisata Indonesia. Dalam satu bulan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara yang datang ke Tanah Air melebihi satu juta kunjungan.

Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS Sasmito Hadi Wibowo mengatakan jumlah wisatawan mancanegara ke Indonesia bulan lalu mencapai 1,03 juta kunjungan. Jumlah ini naik 17,68 persen dibanding Juli tahun lalu yang hanya 877.584 kunjungan. Jika dibandingakan bulan sebelumnya, jumlah kunjungan wisatawan asing meningkat 20,4 persen.

"Pariwisata ini rekor terbaru, melebihi 1 juta wisatawan mancanegara dalam satu bulan. Ini sejarah baru bagi Indonesia," ujar Sasmito, di Kantor BPS, Jakarta, Kamis (1/9).

Dia menjelaskan peningkatan kunjungan wisatawan asing ini disebabkan oleh dua faktor eksternal dan internal. Faktor internalnya adalah kampanye yang intensif oleh pemerintah ke berbagai negara. Selain itu, banyak atraksi yang disajikan masyarakat lokal di tempat pariwisata. Ini mampu memancing minat warga asing datang ke Indonesia.

Sementara salah satu faktor eksternalnya adalah kondisi udara di Australia sangat dingin pada bulan lalu. Makanya banyak penduduk Australia yang wisatawan dari negara tersebut datang ke Indonesia, karena jaraknya juga tidak terlalu jauh.

Sebaliknya cuaca yang sangat panas terjadi di Arab. Sementara warga Arab masih mengurangi kunjungan ke Eropa, akibat adanya sentimen negatif terhadap orang Islam di kawasan tersebut. Makanya banyak juga orang Arab yang akhirnya memilih Indonesia sebagai tempat berkunjung.

Meningkatnya jumlah kunjungan wisatawan asing berpengaruh bisnis penginapan. Tingkat hunian kamar (TPK) untuk hotel berbintang di 27 provinsi sepanjang bulan lalu naik, dari 51,25 persen menjadi 53,77 persen.

BPS juga mencatat bahwa kunjungan wisatawan asing pada bulan lalu, relatif lebih lama. Hal ini terlihat dari rata-rata lama menginap tamu asing pada hotel berbintang yang mencapai 2,84 hari dibandingkan bulan sebelumnya 2,62 hari dan Juli tahun lalu yang hanya 2,58 hari.

Secara kumulatif (Januari-Juli) 2016, jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia mencapai 6,32 juta kunjungan. Jumlah ini naik 7,64 persen dibandingkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara pada periode yang sama tahun sebelumnya yang hanya 5,88 juta kunjungan.

Para wisatawan asing ini mayoritas datang melalui 19 pintu utama yakni bandar udara internasional, seperti Soekarno-Hatta, Ngurah Rai, Batam dan lain-lain. Jumlah kunjungannya mencapai 5,86 juta kunjungan. Sisanya datang melalui Pos Lintas batas PLB dan pintu lainnya sebanyak 467.910 kunjungan.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait