Perumnas Bangun 3.179 Rumah Murah di Tiga Lokasi

Ameidyo Daud Nasution
22 Agustus 2016, 15:49
Perumahan
Agung Samosir|KATADATA
Maket perumahan dalam pameran perumahan

Perum Perumnas memulai pembangunan 3.197 unit rumah hari ini. Proyek pembangunan perumahan ini tersebar di beberapa titik di Indonesia, yakni di Bekasi, Bandar Lampung, dan Garut.

Direktur Utama Perumnas Bambang Triwibowo mengatakan pihaknya akan membangun 1.117 unit rumah susun sederhana milik (rusunami) di Bekasi. Proyek ini bernama Sentraland Bekasi. Kemudian 980 unit rumah tapak berbasis cluster di Bandar Lampung dan 1.100 unit rumah tapak di Garut.

"Ini sejalan dengan semangat kami menyediakan rumah untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR)," kata Bambang di lokasi peletakan batu pertama proyek Sentraland, Bekasi, Senin (22/8). (Baca: Pemerintah Pangkas Waktu Pencairan KPR Bersubsidi Menjadi 3 Hari)

Direktur Produksi Perumnas Kamal Kusmantoro mengatakan perseroan menganggarkan dana Rp 295 miliar untuk membangun proyek rumah di tiga lokasi tersebut. Rinciannya, Rp 220 miliar untuk Sentraland Bekasi, Rp 51 miliar untuk di Bandar Lampung, serta Rp 24 miliar di Garut.

Proyek Sentraland Bekasi terdiri dari lima tower di atas lahan perumahan Pesona Metropolitan garapan Perumnas. Ada dua tipe dari setiap unit rumah susun yang akan dibangun. Tipe Studio dengan luas 22 meter persegi, akan dijual dengan harga Rp 184,8 juta. Kemudian tipe one bedroom luasnya 32 meter persegi, akan dijual dengan harga Rp 268,8 juta.

"Sedangkan untuk Lampung itu Tipe 36 dan Garut Tipe 32, harga untuk FLPP (KPR bersubsidi) mencapai Rp 116,5 juta," kata Kamal. Dia juga memastikan semua proyek yang dibangun hari ini akan rampung pada Maret 2018.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...