Pemerintah Klaim Jumlah Kebakaran Hutan Turun 62 Persen

Miftah Ardhian
11 Agustus 2016, 18:51
Kebakaran Hutan
Ardiles Rante / Greenpeace
Asap membumbung dari pembakaran kayu di lahan konsesi milik PT Berkat Citra Abadi di Merauke, Papua. Tak sedikit hutan di Kabupaten Merauke ditebang untuk digunakan sebagai perkebunan kelapa sawit.

Pemerintah mengklaim jumlah kebakaran hutan di sejumlah wilayah Indonesia sudah turun rata-rata 62 persen dibandingkan tahun lalu. Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya mengungkapkan hal ini berdasarkan data terakhir 9 Agustus 2016.

Angka penurunan ini merupakan perhitungan rata-rata nasional. "Di delapan provinsi, termasuk Riau, Jambi, Kalimantan Barat, dan lain-lain, turunnya malah 79 persen. Khusus Riau turun 82 persen. Kalimantan Tengah turun 96 persen," ujar Siti saat ditemui di Kantor Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Kamis (11/8).

Siti mengatakan data ini merupakan hasil perhitungan pemerintah. Sementara data lain menyebutkan tingkat penurunannya sudah lebih tinggi. Berdasarkan perhitungan yang dilakukan menggunakan satelit NOAA (National Oceanic and Atmospheric Administration) jumlah titik panas (hotspot) Indonesia mengalami penurunan sebanyak 74 persen.

Menurutnya ada beberapa faktor yang membuat jumlah kebakaran hutan bisa turun cukup signifikan. Salah satunya konsep dari Jokowi, bahwa setiap ada api harus segera dimatikan. Patroli terpadu yang dilakukan TNI, Polisi, Pemerintah Daerah, dan masyarakat juga terus berjalan. Kemudian, faktor cuaca tahun ini yang tidak sepanas tahun lalu dan penanggulangan kebakaran juga terus dilakukan.

(Baca: Pemerintah Segera Terbitkan Inpres Soal Moratorium Lahan Sawit)

Sejak awal tahun hingga 9 Agustus telah dilakukan waterboombing di Riau sebanyak 39,4 juta liter air dengan melibatkan 5 unit pesawat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Sementara, Di Sumatera Selatan sebanyak 1,7 juta liter air dengan 3 unit pesawat BNPB. Selain itu, ada juga modifikasi cuaca yang berpengaruh terhadap jumlah kebakaran hutan ini.

Meski jumlah kebakaran sudah menurun, Jokowi masih mengintruksikan untuk dilakukannya pencegahan. Siti pun telah menyiapkan strategi untuk hal ini, yaitu dengan menggunakan pendekatan sistem pemantauan danpengendalian penggunaan lahan (control land use).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...