Pemerintah Siapkan Dua Langkah Tekan Impor Gula

Miftah Ardhian
9 Agustus 2016, 17:24
Gula Pasir
ARIEF KAMALUDIN | KATADATA

Pemerintah menyatakan sedang berupaya untuk meningkatkan produksi gula dalam negeri. Ini dilakukan untuk menghentikan kebijakan impor gula yang kerap diambil pemerintah demi memenuhi kebutuhan nasional.

Menteri Pertanian Amran Sulaiman mengatakan rapat koordinasi lintas kementerian menyepakati ada dua langkah yang akan dilakukan untuk meningkatkan produksi gula nasional. Kedua langkah tersebut adalah program intensifikasi dan ekstensifikasi. Keduanya harus dilakukan secara bersamaan.

"Ini solusi ke depan, harus konsisten, enggak boleh kebijakannya berubah. Ini harus kita kawal dan kami sudah bahas dan sepakat," kata Amran usai Rapat Koordinasi Pangan, di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Selasa (9/8).

Intensifikasi dilakukan dengan mengoptimalkan kapasitas pabrik gula yang ada di dalam negeri. Saat ini ada 13 pabrik gula yang kemampuan produksinya masih sangat rendah. Pabrik ini sebenarnya memiliki kapasitas produksi mencapai 10 ribu ton per hari (tcd). Namun, hanya bisa memproduksi 5 ribu tcd.

Rendahnya kemampuan produksi 13 pabrik tersebut adalah karena kekurangan pasikan bahan baku tebu untuk diolah menjadi gula. Saat ini pemerintah sudah punya solusi agar pabrik-pabrik ini mendapat tambahan bahan baku dan bisa berproduksi maksimal. (Baca: Jokowi Ramal Swasembada Daging Tercapai 10 Tahun Lagi)

Ada sekitar 380 ribu hektare lahan di sekitar pabrik wilayah pabrik yang akan dikembangkan menjadi perkebunan tebu. Lahan ini dimiliki oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN) perkebunan, diantaranya Perum Perhutani dan PT Inhutani (Persero). “Nanti strateginya adalah pinjam pakai,"

Langkah kedua, ekstensifikasi, dilakukan dengan mengembangkan wilayah baru untuk pembangunan pabrik gula. Menurutnya saat ini sudah ada sekitar 14 perusahaan yang telah menyatakan minatnya untuk berinvestasi membangun pabrik tebu.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...