Blok Migas Laut Dalam Akan Dapat Insentif Tahun Depan

Anggita Rezki Amelia
12 Juli 2016, 15:22
Rig Migas Lepas Pantai Pertamina Hulu Energi
Katadata

Kontraktor minyak dan gas bumi bisa menikmati insentif dari pemerintah mulai tahun depan. Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyatakan pemerintah akan segera menerbitkan regulasi mengenai insentif tersebut.

Direktur Jenderal Migas Kementerian ESDM I.G.N. Wiratmaja mengatakan saat ini telah mengumpulkan masukan, dari berbagai pihak mengenai insentif yang cocok dan dibutuhkan untuk pengembangan migas laut dalam. Pihaknya juga telah melakukan diskusi litas kementerian dan lembaga mengenai hal ini.

Hasil diskusi ini akan dikumpulkan sebagai bahan untuk menyusun regulasi yang tepat terkait insentif yang akan diberikan. Regulasi ini nantinya akan berupa Peraturan Presiden (Perpres). (Baca: Pemerintah Himpun Masukan untuk Aturan Khusus Migas Laut Dalam)

"Kemungkinan besar dari diskusi-diskusi ini bentuknya perpres, karena khusus ocean atau maritim," kata dia di sela-sela acara Halalbihalal dengan Direksi PT Pertamina (Persero) di Jakarta, Selasa (12/7).

Menurutnya, ada beberapa kriteria Blok Migas yang mendapatkan insentif. Kriterianya mengacu pada beberapa hal, diantaranya tingkat kedalaman sumur dan tingkat kesulitan reservoir pada blok migas laut dalam. (Baca: Kementerian ESDM Percepat Kembangkan 10 Blok Migas di Natuna)

Reservoir merupakan suatu tempat terakumulasinya minyak dan gas bumi. Pada umumnya, reservoir minyak memiliki karakteristik yang berbeda-beda tergantung dari komposisi, temperature, dan tekanan pada tempat dimana terjadi akumulasi hidrokarbon yang terjadi di dalamnya.

Kriteria lainnya berdasarkan lokasi blok migas laut dalam, terutama bagi wilayah terpencil yang sulit dijangkau. "Semua opsi kami bahas. Nanti mengerucutnya ke arah mana itu, masih dibahas. ini multi kementerian, jadi dibawah koordinasi Menteri Koordinator Bidang Perekonomian," ujarnya. (Baca: SKK Migas: Belum Ada Kontraktor Temukan Cadangan Ekonomis)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...