Pertamina Akan Kuasai 4 Blok di Iran Setelah Lebaran

Miftah Ardhian
29 Juni 2016, 16:00
migas
Katadata

PT Pertamina (Persero) menambah daftar incarannya terkait penguasaan blok minyak dan gas bumi (migas) di Iran. Setelah sebelumnya menyatakan tertarik menggarap dua blok migas, kali ini Pertamina ingin menambah dua blok lagi. 

Direktur Utama Pertamina Dwi Sutjipto mengatakan pihaknya telah mempelajari data room (ruang data) blok migas yang ada di Iran. Ternyata ada empat blok yang sesuai dengan harapan dan bisa digarap oleh Pertamina di negara tersebut. (Baca: Pertamina Bidik Dua Blok Migas di Iran)

Hal ini pun sudah disampaikan Pertamina kepada Iran. Menurut Dwi, proses penguasaan blok migas ini sudah mendekati tahap final dan diharapkan dapat melakukan penandatanganan nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) dengan pihak Iran selepas hari raya lebaran bulan depan.

"Iya ada 4 blok. Akan menghasilkan yang cukup besar baik onshore maupun offshore," ujar Dwi saat ditemui di Kantor Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Selasa (28/6).

Dwi belum bisa menjelaskan secara lebih rinci mengenai berapa besar cadangan migas yang ada di masing-masing blok tersebut. Kebutuhan dana untuk menguasai keempat blok tersebut pun belum bisa dipublikasikan. Alasannya, hal tersebut masih terus dalam pembicaraan sampai dengan penandatanganan MoU.

Halaman:
Reporter: Miftah Ardhian
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...