Pemerintah Berdayakan Koperasi untuk Potong Harga Daging Sapi

Ameidyo Daud Nasution
11 Juni 2016, 03:00
Daging
Agung Samosir|KATADATA
Daging

Pemerintah terus berupaya menurunkan harga daging sapi yang masih cukup tinggi. Salah satu upaya yang akan dilakukan adalah memberdayakan koperasi untuk memangkas rantai perdagangan komoditas ini.

Menteri Pertanian Amran Sulaiman mengatakan daging sapi yang telah dipotong akan langsung dikirim ke koperasi. Dari koperasi, daging tersebut akan bisa langsung dipasarkan kepada masyarakat. (Baca: Harga Daging Tinggi, Jokowi: Tak Mungkin Turun Dalam 1-3 Hari)

"Kami mulai minggu pagi di Cipete dan Pasar Minggu," kata Amran saat konferensi pers di kantornya, Jakarta, Jumat (10/6).

Untuk awal ada sekitar 20.000 koperasi di Jabodetabek yang akan dilibatkan untuk memotong distribusi daging sapi. Pemotongannya juga dilakukan terlebih dahulu di wilayah ini, baru nanti kemudian meluas ke daerah lain. (Baca: Stok Pangan Melimpah, Tapi Harganya Naik)

Menurutnya upaya menurunkan dan menstabilkan harga daging dengan memberdayakan koperasi ini tidak hanya dilakukan pada momen puasa dan lebaran saja. Ini akan terus dilakukan meski lebaran telah lewat. Nantinya koperasi tidak hanya berperan memasarkan daging sapi, tapi penjualan ayam dan minyak goreng.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...