139 Proyek Strategis Belum Jalan, Jokowi Panggil Para Menteri

Safrezi Fitra
6 Juni 2016, 17:36
Jokowi
Cahyo | Biro Pers Sekretariat Presiden

Presiden Joko Widodo menggelar rapat terbatas membahas evaluasi pelaksanaan proyek strategis nasional di kompleks Istana Negara, Jakarta, Senin (6/6). Presiden menginstruksikan para menteri fokus pada program-program prioritas yang mencakup 225 proyek di 13 sektor agar berjalan dengan baik.

Terkait dengan proyek strategis nasional ini, Jokowi telah mengeluarkan Peraturan Presiden Nomor 3 dan Instruksi Presiden Nomor 1 pada awal tahun. Dua aturan tersebut bertujuan mempercepat pelakasanaan dari 225 proyek strategis.

Advertisement

Setelah enam bulan berjalan, ternyata pelaksanaan proyeknya masih lambat. Dari 225 proyek, hanya 86 yang sudah masuk tahap pelaksanaan. Sementara 139 proyek atau sekitar 62 persen lainnya masih dalam perencanaan. 

“Saya minta Kemenko Perekonomian, Bappenas, Kantor Staf Presiden terus memantau kinerja proyek-proyek ini secara realtime. Kalau ada hambatan harus segera diketahui di mana letak hambatannya,” kata Jokowi dalam rapat tersebut, Senin (6/6).

Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengatakan, Jokowi juga memerintahkan Menko Perekonomian, Bappenas dan BKPM untuk membuat perencanaan bisnis (business plan) masing masing proyek secara rinci. Sehingga bisa diketahui proyek yang harus didanai anggaran negara dan mana yang bukan.

“Salah satu contoh konkrit Proyek Pelabuhan Patimban misalnya, (tidak menggunakan anggaran negara) jadi itu bisa segera dilaksanakan,” ujar Pramono. (Baca: Ke Jepang, Jokowi Bahas Proyek Pelabuhan Patimban)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement