Tingkatkan Pelayanan di Ibukota, PLN Operasikan 3 Infrastruktur Baru

Miftah Ardhian
1 Juni 2016, 15:20
PLN
Arief Kamaludin|KATADATA

PT PLN (Persero) terus mencoba untuk meningkatkan pelayanan terhadap pasokan listriknya di berbagai wilayah. Kali ini, Provinsi DKI Jakarta mendapat bagian pembangunan infrastruktur listrik baru guna menunjang kebutuhan masyarakat.

Senior Manager Public Relation PLN Agung Murdifi mengatakan PLN telah menyelesaikan dan siap mengoperasikan Gardu Induk (GI) 150 kilovolt (kV) Kemayoran, Gas Insulated Switchgear (GIS) 150 kV Gunung Sahari, dan Saluran Kabel tegangan Tinggi (SKTT) 150 kV Kemayoran-Gunung Sahari. Ketiganya digunakan untuk menunjang kebutuhan listrik DKI Jakarta.

Advertisement

“PLN terus memperkuat sistem kelistrikan untuk meningkatkan pelayanan khususnya bagi pelanggan di wilayah Jakarta Utara dan Banten serta pelanggan di wilayah Jawa Bali secara umum dengan pembangunan infrastruktur di berbagai wilayah,” ujar Agung dalam keterangan resmi yang diterima Katadata, Jakarta, Selasa malam (31/5). (Baca: PLN Isyaratkan Tarif Listrik Naik Lagi Bulan Juni)

Pengoperasian tiga proyek ini telah dilakukan pada minggu keempat bulan Mei ini. Pengoperasian ketiga infrastruktur listrik baru ini diharapkan dapat menjadi solusi distribusi pasokan listrik ke berbagai wilayah, khususnya di Jakarta. Seperti diketahui, masih ada beberapa kegiatan pemadaman bergilir yang kerap dilakukan oleh PLN di Jakarta. 

Penambahan trafo 2X60 megavolt ampher (MVA) ini akan membantu dua gardu induk yang sudah ada sebelumnya, yaitu GI Ancol dan GI Kemayoran. Meningkatnya kebutuhan listrik di Jakarta membuat dua gardu ini mendapat beban yang sangat tinggi. Makanya butuh tambahan gardu lagi untuk mengurangi kapasitas beban pada saat beban puncak serta untuk memenuhi kebutuhan daya untuk pelanggan baru.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement