Rekrutmen Pengurus BPMA Akan Dilelang Secara Terbuka

Anggita Rezki Amelia
3 Mei 2016, 21:16
Kepala BPMA
Katadata
Marzuki Daham

Kepala Badan Pengelola Migas Aceh (BPMA) Marzuki Daham mengaku saat ini tengah menyusun struktur organisasi lembaganya. Setelah dilantik 11 April lalu, hingga sekarang BPMA belum memiliki struktur kepengurusan.

Penyusunan struktur organisasi dan anggaran harus secepatnya dilakukan. Mengingat dalam satu atau dua bulan ke depan pemerintah akan mengajukan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (RAPBN-P) kepada DPR.

“Karena itu saya harus kejar agar (anggarannya) bisa di-approve (disetujui) sebelum pembahasan APBN-P 2016," ujarnya kepada Katadata, di Jakarta, Senin (2/5). (Baca: Resmi Jadi Kepala BPMA, Marzuki Daham Ingin Tingkatkan Eksplorasi)

Pekan depan Marzuki akan mendiskusikan susunan kepengurusan BPMA bersama Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Persetujuan struktur organisasi tersebut juga akan melibatkan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Setelah proses anggaran disetujui Kementerian Keuangan, barulah BPMA bisa merekrut karyawan. Setelah proses anggaran selesai, barulah perekrutan karyawan dilakukan. Dia mengatakan proses perekrutan akan dilakukan secara terbuka dan transparan. Ini dilakukan untuk menghindari praktik Korupsi Kolusi dan Nepotisme (KKN).

Sistem yang sama akan diterapkan seperti proses pemilihannya sebagai Kepala BPMA. Perekrutan unit pelaksana BPMA akan diumumkan di media masa. Sehingga semua orang yang memenuhi kualifikasi, yakni menguasai atau memiliki pengetahuan di bidang hulu migas, bisa ikut mendaftar. Targetnya dalam tiga bulan ke depan proses perekrutan sudah bisa dilakukan. (Baca: Pertamina Gandeng Pemprov Aceh Perpanjang Kontrak 2 Blok Migas)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...