Indonesia"Inggris Teken Lima Perjanjian Kerjasama Multisektor

Safrezi Fitra
20 April 2016, 17:30
Jokowi
Laily | Biro Pers Sekretariat Presiden
Jokowi bertemu dengan Perdana Menteri Inggris David Cameron dan menyaksikan penandatangan sejumlah kesepakatan kerjasama

Selain pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Kerajaan Inggris David Cameron, Presiden Joko Widodo juga menyaksikan penandatanganan sejumlah kerjasama antara Indonesia dan Inggris. Perjanjian kerjasama merupakan bentuk capaian yang diperoleh dari kunjungan resmi Presiden Joko Widodo ke Inggris.

Ada lima nota kesepahaman (MoU) yang disepakati kedua negara dan disaksikan Jokowi dan Cameron di kawasan Downing Street 10 di Kota London, (20/4). Penandatanganan MoU ini dilakukan oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Kepala Bekraf Triawan Munaf, dan Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. Arif Wibowo. (Baca: PM Inggris: Ekonomi Indonesia Akan Masuk Tujuh Terbesar Dunia)

MoU pertama adalah kerjasama Industri-Industri Kreatif . MoU ini membuka kesempatan kerjasama dalam pengembangan keahlian melalui pendidikan dan pelatihan bagi industri kreatif. Kerjasama ini bisa jadi pijakan untuk pengembangan model pembiayaan ekonomi kreatif termasuk sumber pendanaan dan investasi. Kemudian menekankan pentingnya pengembangan jaringan kota-kota kreatif.

Kedua, MoU kerja sama informasi penyelenggaraan event olah raga dunia. Kerjasama ini memberikan kerangka berbagi pengalaman dan informasi untuk memaksimalkan pengembangan perdagangan, meningkatkan peluang bisnis, serta formulasi perencanaan dan investasi yang diharapkan dapat diperoleh dari penyelenggaraan event olahraga dunia. Inggris pernah menjadi tuan rumah Olimpiade London pada 2012 dan Indonesia sedang bersiap menjadi penyelenggara Asian Games 2018.

Ketiga, MoU di sektor kelautan dan perikanan yang merupakan turunan dari MoU maritim kedua negara yang diteken di Jakarta, pada 27 Juli tahun lalu. MoU ini membuka kerja sama pada sejumlah bidang antara lain:  kerja sama informasi untuk pemberantasan penangkapan ikan terlarang (illegal fishing), riset kelautan dan perikanan, konservasi keanekaragaman hayati, sistem manajemen perikanan dan peningkatan kapasitas SDM. Selain itu juga telah didirikan sebuah komite kerja teknis untuk membicarakan lebih lanjut kerja sama ini.

Keempat, Mou di bidang pendidikan tinggi. Kerjasama ini diharapkan dapat membantu peningkatan pengembangan pendidikan di masing-masing negara. Ini bertujuan untuk mendorong pengembangan program bilateral antar lembaga pendidikan tinggi kedua negara dengan prinsip saling menguntungkan, serta penyediaan beasiswa bagi pelajar kedua negara. (Baca: Ke Jerman, Jokowi Saksikan Kerjasama Investasi Rp 11 Triliun)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...