SKK Migas Targetkan Dapat Komitmen Pembeli Gas Tangguh Bulan Depan

Safrezi Fitra
15 Februari 2016, 16:16
Blok Tangguh
Katadata

KATADATA - Pemerintah terus berupaya mencarikan pembeli gas dalam negeri dari Kilang Train 3 Tangguh yang akan dibangun. Komitmen dari calon pembeli penting agar keputusan akhir investasi (final decision investment/FID) bisa segera selesai dan pembangunan proyek tersebut bisa dimulai.

Kepala Humas Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Elan Biantoro berharap komitmen ini bisa didapat pada Maret bulan depan. Ini untuk mengejar target pemerintah agar FID kilang train 3 Tangguh bisa selesai sebelum memasuki paruh kedua tahun ini. (Baca: Pemerintah Kesulitan Cari Pembeli Gas di Dalam Negeri)

Pemerintah ingin 40 persen dari produksi Kilang Tangguh dialokasikan untuk kebutuhan dalam negeri. Sisanya baru boleh untuk dijual ke luar negeri. Masalahnya sampai sekarang komitmen dari calon pembeli gas tersebut belum sampai 40 persen. Calon pembeli terbesar yang sudah menyatakan komitmennya hanya PT Perusahaan Listrik Negara (Persero). Namun, belum bisa dipastikan berapa banyak gas yang bisa diserap oleh PLN, saat kilang ini mulai beroperasi pada 2020.

“Belum tahu bagaimana nanti komitmennya. Siapa tahu Direktur Utama  PLN sudah ganti (sebelum 2020) belum tentu itu,” kata Elan kepada Katadata beberapa waktu lalu. (Baca: Pemerintah Janjikan Penyelesaian Train 3 Tangguh Sebelum Juni 2016)

Sebenarnya, kata dia, sudah ada beberapa calon pembeli selain PLN di dalam negeri. Namun, dia belum bisa menyebutkan siapa saja calonnya. Saat ini tim komersialisasi SKK Migas sedang bernegosiasi dengan calon pembeli tersebut. Harapannya dalam waktu dekat sudah ada kesepakatan.

Halaman:
Reporter: Anggita Rezki Amelia
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...