Nasib Enam Blok Migas Akan Ditentukan Tahun Depan

Safrezi Fitra
23 Desember 2015, 18:33
Pekerja Migas
KATADATA
Pekerja pengeboran minyak lepas pantai di perairan Indonesia

KATADATA - Pemerintah memastikan pembahasan kontrak blok migas yang akan berakhir dalam dua tahun ke depan, akan rampung seluruhnya tahun ini. Sebelum akhir tahun, pemerintah berjanji akan menyelesaikan kontrak Blok Mahakam dan Blok Offshore North West Java (ONWJ), yang akan berakhir pada 2017.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Migas) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) I.G.N. Wiratmaja Puja mengatakan tahun depan pihaknya akan fokus untuk membahas status blok-blok yang akan habis masa kontraknya pada 2018. "Ini yang harus kami handle (tangani) di 2016, jadi jelas terstruktur pekerjaan kami," kata dia saat konferensi pers di Gedung Migas Kementerian ESDM Jakarta, Selasa (22/12). 

Kementerian ESDM mencatat ada delapan blok migas yang kontrak akan berakhir 2018. Delapan blok migas tersebut adalah Blok Ogan Komering, Blok Tuban, Blok South East Sumatra, Blok B, Blok NSO, Blok Tengah, Blok East Kalimantan, dan Blok Sanga-sanga.

Oktober lalu PT Pertamina (Persero) berhasil mengakuisisi dua blok, yakni Blok B dan Blok NSO dari operator lamanya ExxonMobil. Sehingga pemerintah hanya akan membahas perpanjangan kontrak enam blok migas yang tersisa untuk tahun depan.

Menurut Wiratmaja blok-blok yang habis masa kontrak tahun 2018 itu akan ditawarkan ke Pertamina. Namun, dia tidak bisa memastikan seluruhnya akan ditawarkan. Belum tentu juga Pertamina ingin mengelola blok migas yang ditawarkan. "Kalau Pertamina tidak mau, akan kami lelang," ujar Wiratmaja. (Baca: Blok Migas Asing yang Kontraknya Habis, Diserahkan ke Pertamina)

Halaman:
Reporter: Anggita Rezki Amelia
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...