ESDM Revisi Target Blok Migas yang Akan Dilelang Tahun Depan

Safrezi Fitra
24 November 2015, 19:54
Kementerian ESDM
Arief Kamaludin|KATADATA
Kementerian ESDM

KATADATA - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral merevisi target blok migas yang akan dilelang tahun depan. Awalnya kementerian menargetkan ada 21 Wilayah Kerja (WK) migas yang akan dilelang, saat ini rencananya hanya 10 WK.

“Target kami minimum sepuluh WK tahun depan, di mana delapan WK konvensional dan dua WK nonkonvensional,” ujar Direktur Pembinaan Hulu Migas Kementerian ESDM Djoko Siswanto, kepada Katadata, Selasa (24/11).

Berdasarkan rencana kerjanya, Kementerian ESDM menargetkan dapat melelang 10 blok migas setiap tahun. Tahun ini kementerian sudah melelang 11 blok migas yang terdiri dari delapan blok konvensional dan tiga blok nonkonvensional.

Dalam dua hari terakhir hingga hari ini, kementerian masih melakukan pembahasan mengenai lelang blok migas tahun depan, di Jogjakarta. Persiapan yang matang perlu dilakukan agar semua blok migas yang ditawarkan bisa laku dilelang. Pasalnya selama ini, banyak blok migas yang tidak laku.

Tahun lalu, dari 21 blok migas yang dilelang, hanya 11 yang laku. Sementara tahun ini, hasil lelang delapan blok konvensional, baru empat yang sudah mendapatkan pemenang. Tiga blok nonkonvensional masih dalam proses lelang.

Wakil Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) M.I. Zikrullah mengatakan investor migas terlihat kurang berminat menggarap potensi migas di Indonesia. Dalam beberapa bulan terakhir telah terjadi beberapa pengembalian blok migas kepada pemerintah.

Halaman:
Reporter: Manal Musytaqo
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...