Jokowi Akan Selesaikan Kisruh Pertamina-PGN Soal Harga Gas di Medan

Safrezi Fitra
13 November 2015, 17:23
Pipa Gas
Arief Kamaludin|KATADATA
Pekerjaan pipanisasi gas milik Pertamina Gas di Kawasan Marunda, Jakarta Utara.

KATADATA - Pemerintah berjanji akan mencari solusi mengenai mahalnya harga gas di Sumatera Utara. Mahalnya harga gas di daerah tersebut membuat dua perusahaan negara PT Pertamina (Persero) dan PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk saling tuding siapa yang jadi penyebabnya.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Migas) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) I.G.N. Wiratmaja Puja mengatakan pihaknya telah bertemu para pemangku kepentingan (stakeholder) yang terkait dengan harga gas ini. Pertemuan ini dilakukan oleh Direktorat Jenderal Migas, karena Menteri ESDM Sudirman Said masih di luar negeri.

(Baca: Pertamina-PGN Saling Tuding Penyebab Mahalnya Harga Gas di Medan)

Dia berharap dalam waktu dekat keputusan mengenai harga gas di Sumatera Utara dapat diputuskan, sepulangnya Menteri ESDM Sudirman Said ke Tanah Air. Saat ini Wiratmaja hanya bisa melaporkan perkembangannya kepada Sudirman melalui pesan singkat elektronik.

Dia tidak bisa memastikan apakah harga gas tersebut bisa diturunkan atau tidak. Saat ini perhitungan mengenai harga masih dibahas di internal kementerian. "Setelah ini selesai, detailnya pasti lapor Menteri ESDM. Menteri ESDM lapor ke Presiden, karena ada banyak hal untuk penurunan (harga gas)," kata dia di Gedung Migas, Jakarta, Jumat (13/11).

Halaman:
Reporter: Arnold Sirait
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...