Menteri ESDM Tanggapi Permintaan BP Terkait Train 3 Tangguh

Safrezi Fitra
10 November 2015, 19:07
LNG-Tangguh-Katadata-SKK-Migas.jpg
KATADATA/

KATADATA - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyatakan akan menjawab surat dari BP Indonesia terkait kejelasan rencana perluasan proyek Tangguh Train 3 di Papua Barat. Jawaban atas surat tersebut rencananya akan disampaikan pada BP, akhir bulan ini.

"Untuk train III (Tangguh), November ini berharap Pak Menteri menjawab surat dari BP Indonesia. Sedang dikonsepkan jawabannya," kata Direktur Pembinaan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (Migas) Kementerian ESDM Djoko Siswanto di Gedung Migas, Jakarta, Selasa (10/11). (Baca: Dicari: Pembeli LNG Tangguh Train 3 Secepatnya)

BP telah memulai proses perencanaan rinci alias front end engineering design (FEED) Tangguh Train 3. Dari hasil FEED itu, BP akan membuat keputusan akhir investasi (final investment decision/FID) pada medio tahun depan untuk memulai proses konstruksi. Kalau semua rencana berjalan mulus, Train 3 bisa mulai beroperasi pada pertengahan 2020 mendatang.

Pembangunan megaproyek senilai US$ 12 miliar atau sekitar Rp 162 triliun dari anak usaha BP Plc. itu terkatung-katung selama ini. Masalahnya, tidak ada kepastian kontrak pembelian gas alam cair (liquid natural gas / LNG) yang akan dihasilkan dari kilang ini. (Baca: SKK Migas Usulkan Opsi Ekspor LNG Tangguh Train 3)

Djoko mengatakan permintaan BP dalam surat yang dikirimkan kepada pemerintah tidak banyak. Perusahaan migas asal Inggris ini hanya meminta kepastian kontrak jangka panjang untuk pembeli gas yang dihasilkannya di dalam negeri. "Berapa pun itu (volume gas dari pembeli domestik), nanti sisanya dia mau jual ke luar negeri," ujarnya.

Direktur Jenderal Migas Kementerian ESDM I.G.N. Wiratmaja Puja mengakui sampai saat ini BP Indonesia mengalami kesulitan mencari pembeli dalam negeri. Padahal pemerintah menargetkan gas yang dihasilkan dari train 3 Tangguh, sebesar 40 persen digunakan untuk kebutuhan dalam negeri. 

Halaman:
Reporter: Arnold Sirait
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...