Janji Investasi Laut Dalam, SKK Migas Menunggu Proposal Chevron

Safrezi Fitra
30 Oktober 2015, 14:54
0skk.jpg
KATADATA

KATADATA - PT Chevron Pacifik Indonesia belum juga mengajukan revisi rencana pengembangan (Plan of development/PoD) proyek laut dalam (Indonesia Deep Water/IDD) di Selat Makasar. Perusahaan ini telah menyatakan komitmennya untuk melanjutkan proyek tersebut.

Saat bertemu dengan Presiden Joko Widodo beberapa hari lalu, Executive VP Chevron James Johnson menyatakan bahwa perusahaannya tetap akan melanjutkan investasinya di Indonesia. Menindaklanjuti pertemuan tersebut, Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) masih menunggu kejelasan investasinya pada proyek IDD.

"SKK Migas menunggu proposal dari mereka (Chevron) untuk mengajukan revisi PoD-nya," kata Kepala Bagian Humas SKK Migas Elan Biantoro kepada Katadata, Jumat (30/10).

(Baca: Chevron Komitmen Lanjutkan Investasi di Indonesia)

Rencana pengembangan lapangan (PoD) Chevron sebenarnya sudah disetujui pemerintah pada 2008. Namun, setelah Front-End Engineering Design (FEED) pad 2013, biaya yang dibutuhkan untuk proyek ini meningkat hampir dua kali lipat, dari sekitar US$ 7 miliar menjadi US$ 12 miliar. 

Selain itu ada penambahan lapangan di dalam tiga blok yaitu Blok Makassar Strait, Rapak, dan Ganal di Selat Makassar. Chevron pun mengajukan perpanjangan kontrak kerja sama di tiga blok migas yang masuk dalam proyek IDD tersebut.

Halaman:
Reporter: Arnold Sirait
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...