Pemenang Tender Penyalur BBM Bersubsidi 2016, Sudah Ditetapkan

Safrezi Fitra
29 Oktober 2015, 17:55
BBM solar AK
Arief Kamaludin|KATADATA
Petugas pengisian bahan bakar melayani pembeli di sebuah SPBU di Jakarta.

KATADATA - Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) mengaku telah memutuskan pemenang tender penyaluran bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi. Perusahaan pemenang tender ini akan diberikan kewenangan menyalurkan Solar dan Minyak Tanah (Kerosene) untuk tahun depan.

Kepala BPH Migas Andi Noorsaman Someng mengatakan pihaknya telah melakukan proses tender ini sejak pertengahan tahun kemarin. Saat ini dua perusahaan sudah ditetapkan sebagai pemenangnya. Namun, dia belum bisa memberitahukan siapa saja perusahaan yang memenangkan tender tersebut.

Surat Keputusan (SK) untuk menugaskan dua perusahaan untuk menyalurkan BBM bersubsidi tahun depan pun baru akan dikeluarkan bulan depan. "Nanti akan secara resmi kami umumkan, setelah sidang komite selesai awal November," kata Andy saat dihubungi katadata, Kamis (29/10).

(Baca: Pemerintah Buka Peluang Perusahaan Asing Jual BBM Subsidi)

Tahun ini, ada dua perusahaan yang memenangkan tender penyaluran BBM bersubsidi. Dua perusahaan tersebut adalah PT AKR Corporindo Tbk., dan PT Pertamina (Persero). Dua perusahaan ini ditetapkan menjadi pemenang dari tujuh peserta lelang yang dilakukan tahun lalu.

Kemungkinan besar, dua perusahaan yang akan memenangkan tender tersebut saat ini masih AKR dan Pertamina. Namun ketika ditanya, Andy belum bisa memberikan komentar. Sementara pihak Pertamina mengaku belum mengetahui siapa pemenang tender penyaluran BBM bersubsidi tahun depan.

(Baca: AKR Corporindo Siap Sediakan Cadangan Penyangga Energi Nasional)

Halaman:
Reporter: Anggita Rezki Amelia
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...